Inggris Setujui Vaksin Covid-19 Pfizer, Menkes: 2021 Akan Jadi Lebih Baik

Arif Budiwinarto · Kamis, 03 Desember 2020 - 01:15:00 WIB
Inggris Setujui Vaksin Covid-19 Pfizer, Menkes: 2021 Akan Jadi Lebih Baik
Inggris menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui vaksin Covid-19 buatan Pfizer/BioNTech untuk program vaksinasi massal. (foto: AFP)

LONDON, iNews.id - Inggris menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui vaksin Covid-19 buatan Pfizer/BioNTech untuk program vaksinasi massal.

Regulator obat-obatan Inggris, MHRA, mengatakan vaksin Pfizer/BioNTech--yang menawarkan perlindungan hingga 95 persen terhadap Covid-19--aman untuk diluncurkan.

Pfizer telah mengirimkan 800.000 dosis pertama dan akan tiba di Inggris dalam beberapa hari mendatang.

Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock, mengatakan petugas Pelayanan Kesehatan Nasional (NHS) akan menghubungi orang-orang yang akan mendapat prioritas utama injeksi vaksin tersebut.

Lansia di panti jompo dan staf panti jompo telah ditempatkan di urutan teratas daftar prioritas, diikuti oleh orang-orang berusia 80 tahun lebih, staf kesehatan dan perawatan.

"Tetapi karena rumah sakit sudah memiliki fasilitas untuk menyimpan vaksin pada suhu -70 derajat celcius, seperti yang dipersyaratkan, vaksinasi pertama kemungkinan besar dilakukan untuk staf panti jompo, staf NHS, dan pasien. Jadi tidak ada vaksin yang terbuang percuma," kata Menkes Hancock dikutip dari BBC, Kamis (3/12/2020).

Pengembangan vaksin terbilang cepat

Vaksin menjadi harapan bagi warga Inggris dan dunia untuk mengakhiri pandemi Covid-19. Inggris menjadi salah satu negara terdampak

Editor : Arif Budiwinarto

Halaman : 1 2