Perekrutan 4 Posisi Pimpinan Tinggi IKN Dibuka Akhir 2022, Ini Kriterianya

Suparjo Ramalan ยท Kamis, 08 Desember 2022 - 18:23:00 WIB
Perekrutan 4 Posisi Pimpinan Tinggi IKN Dibuka Akhir 2022, Ini Kriterianya
Desain rumah jabatan menteri di IKN Nusantara. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) akan membuka perekrutan 4 posisi Pimpinan Tinggi IKN pada akhir 2022 atau akhir Desember ini. 

Saat ini, Badan Otorita IKN dan Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya tengah menyiapkan skenario perekrutan 4 posisi Pimpinan Tinggi IKN tersebut mengingat waktu perekrutannya semakin dekat.

Adapun 4 jabatan Pimpinan Tinggi IKN tersebut, yaitu Deputi Bidang Perencanaan dan Pertanahan, Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat,  Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi, dan Deputi Bidang Sarana dan Prasarana.

Ketua Panitia Seleksi JPT Madya Otorita IKN, Bambang Brodjonegoro, mengatakan pada pekan ini tim panitia seleksi akan melakukan pertemuan pertama dengan Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN untuk membahas proses perekrutan tersebut.

"Prosesnya, minggu ini rencananya kita akan membuat rapat pertama, pertemuan pertama dari tim lengkap dari. Dan pertama kita juga harus mendengarkan apa yang menjadi aspirasi dari baik Kepala maupun Wakil Kepala Otorita IKN," ungkap Bambang saat ditemui di kawasan Djakarta Theater, Kamis (8/12/2022).

Meski skenario masih dalam tahap penggodokan, Bambang menilai calon pejabat IKN itu akan buka secara terbuka atau berlaku bagi non ASN. Dia memastikan pihaknya memberi kesempatan bagi siapapun untuk mengisi empat posisi tersebut.  

Pertimbangan tersebut berdasarkan para calon pemimpin IKN Nusantara yang memiliki kepekaan terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan lingkungan. Bahkan, bisa mewujudkan impian agar IKN menjadi kota yang bisa diandalkan di dunia. 

"Kita belum putuskan, tapi kalau preferensi saya, berpengalaman cukup lama di pemerintah, akan lebih baik terbuka, karena bukannya kita tidak memperhatikan potensi yang ada di birokrasi," tutur Bambang. 

Tak hanya itu, kriteria lain bagi mereka yang ingin mencalonkan diri untuk mengisi empat posisi Jabatan Pimpinan Tinggi IKN harus memiliki kemampuan manajerial, bisa membangun hubungan yang baik dengan semua stakeholder baik pemerintah pusat dan daerah.

Kemudian memiliki rekam jejak sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Hingga mempunyai integritas yang tinggi. "Saya yakini diantara putra-putri terbaik bangsa, pasti ada yang bisa memenuhi kriterianya," ungkap Bambang.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda