Perpres Badan Otorita Ibu Kota Baru Masuki Tahap Finalisasi

Aditya Pratama ยท Senin, 10 Februari 2020 - 14:44 WIB
Perpres Badan Otorita Ibu Kota Baru Masuki Tahap Finalisasi

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Sunarso Monoarfa. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id - Pembentukan Badan Otorita Ibu Kota Baru sedang memasuki tahap finalisasi. Nantinya, lembaga tersebut akan berada di bawah payung hukum Peraturan Presiden (Perpres).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Sunarso Monoarfa menyebut, setelah Perpres Badan Otorita Ibu Kota Baru rampung, akan dipilih juga orang yang akan memimpin di wilayah Ibu Kota baru nanti.

"Sedang tahap finalisasi. Badan Otorita Ibu Kota Baru ini terbentuk, sekaligus orang yang memimpin juga sudah ada," ujar Suharso di kantornya, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menjelaskan lamanya keluar Perpres mengenai Badan Otorita Ibu Kota Baru sampai saat  ini karena perlu kehati-hatian dalam penyusunannya.

"Tidak ada kendala, memang perlu ada kehati-hatian," kata dia.

Dia menuturkan, nantinya akan ada pihak dari luar Indonesia yang turut membantu Badan Otorita Ibu Kota Baru, baik dari lembaga maupun negara.

"Banyak, lembaga multilateral, ada banyak word bank, ADB dan banyak. (Negara) banyak, Australia, Denmark. hampir semua negara, Jepang ada, China ada, semua," ucap Suharso.

Editor : Ranto Rajagukguk