Pemerintah Akan Uji Kompetensi ASN yang Pindah ke Ibu Kota Baru

Antara ยท Kamis, 06 Februari 2020 - 21:33 WIB
Pemerintah Akan Uji Kompetensi ASN yang Pindah ke Ibu Kota Baru

Menpan-RB, Tjahjo Kumolo. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah berencana menguji kompetensi aparatur sipil negara (ASN) yang akan pindah ke ibu kota baru di Kalimantan Timur. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan kemampuan ASN yang akan dipindah harus menyesuaikan dengan kebutuhan di ibu kota baru.

ASN akan diuji secara internal oleh kementerian atau lembaga masing-masing. Tjahjo menjelaskan uji kompetensi nanti bisa menentukan posisi pekerjaannya.

"Nanti akan diuji kompetensinya. ASN yang akan pindah minimal harus memiliki skill," kata Tjahjo di Jakarta, kamis (6/2/2020).

Dia mengatakan ASN yang dipindah harus menunjang aktivitas-aktivitas awal pemerintahan di ibu kota baru tersebut. Meski harus melewati uji kompetensi, Tjahjo menjelaskan tidak ada ASN yang ditinggal di Jakarta.

"Semua akan pindah karena tidak ada perwakilan kemeterian atau lembaga di Jakarta," ucapnya.

Kemenpan-RB saat ini sedang mendata jumlah ASN yang akan pensiun sampai 2024. ASN yang sudah memasuki masa pensiun tidak akan ikut pindah ke ibu kota.

"Saya sudah minta sekretaris jenderal dan sekretaris menteri untuk mendata jumlah ASN yang mau pensiun berapa. Jangan sampai mereka yang akan pensiun pada 2023 sampai 2024 dibawa ke sana, buat apa," katanya.

Kemenpan-RB menyebut ada 118.000 ASN pemerintah pusat yang ada di Jakarta. ASN yang pensiun pada tahun 2023-2024 diperkirakan mencapai 16-17 persen.

Editor : Rizal Bomantama