Jokowi Jamin Ibu Kota Baru RI Bebas Macet dan Banjir

Antara ยท Jumat, 24 Januari 2020 - 19:10 WIB
Jokowi Jamin Ibu Kota Baru RI Bebas Macet dan Banjir

Presiden Jokowi (tengah) didamping sejumlah menteri dan kepala lembaga negara. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjamin ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur tidak akan banjir dan macet. Seluruh perencanaan tata kelola akan disiapkan dengan baik.

Presiden mengatakan ibu kota baru bakal memberikan kualitas hidup tinggi dengan konsep urban bagi para penghuninya. Kota itu akan mengandalkan energi terbarukan sehingga memiliki lingkungan yang lebih lestari dan rendah polusi

Selain itu, kata dia, masyarakat juga akan lebih banyak melakukan aktivitas dengan berjalan kaki, bersepeda, dan transportasi publik yang bebas emisi.

"Tidak ada ibu kota seluruh dunia seperti ini nanti, tidak ada. Itu diferensiasinya ada di situ. Semuanya energi baru terbarukan, transportasi massal semuanya kendaraan elektrik," kata Jokowi di Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menambahkan,kehidupan di ibu kota di Kalitim nantinya menggambarkan peradaban baru. Masyarakat lebih banyak menggunakan transportasi publik yang berjenis elektrik dan kendaraan pribadi yang juga bersumber listrik.

Presiden juga menjanjikan transportasi ibu kota baru akan menggunakan transportasi dengan teknologi otonom (autonomous), alias dikemudikan tanpa awak.

"Selain itu, akan banyak orang jalan kaki, banyak orang bersepeda. Tidak ada banjir, tidak ada macet," ujar dia.

Dia juga menekankan salah satu prinsip penting dalam pembangunan ibu kota baru adalah bagaimana menciptakan perubahan pola dan kultur kerja masyarakat yang lebih produktif.

"Terpenting bagaimana kita bangun sebuah sistem, pindah pola kerja, kultur karena ke depan persaingan akan semakin berat. Negara yang cepat akan mengalahkan yang lambat," ujar dia.

Editor : Rahmat Fiansyah