PLN Jamin Keandalan Listrik di Masjid Istiqlal hingga RS Rujukan Covid-19

Djairan ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 20:01 WIB
PLN Jamin Keandalan Listrik di Masjid Istiqlal hingga RS Rujukan Covid-19

PLN. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya lakukan berbagai persiapan jelang Idul Fitri tahun ini. Salah satunya, menginspeksi jaringan melalui simulasi keandalan listrik di Masjid Istiqlal.

General Manager PLN UID Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan mengatakan, sebanyak 2.688 personel dikerahkan dalam kegiatan itu. Pihaknya juga memantau khusus 35 Rumah Sakit (RS) rujukan penanganan Covid-19, serta tiga lembaga Non-RS. Dengan begitu, layanan PLN tetap siaga 24 jam dan tidak ada pekerjaan yang mengakibatkan pemadaman listrik.

"Pasokan listrik aman dan cukup. Pengawalan kelistrikan di RS rujukan corona juga tetap berjalan tanpa henti. Semoga umat muslim khususnya di Jakarta bisa merayakan Idul Fitri dengan penuh suka cita meski di tengah kondisi pandemi ini," kata Doddy.

Meskipun aktivitas di rumah meningkat akibat pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Doddy menegaskan, pasokan listrik aman karena perkiraan konsumsi saat Idul Fitri berada di bawah daya mampu pembangkit di Jakarta, yaitu sebesar 11.460 Megawatt (MW).

Doddy menyebut penggunaan listrik di wilayah Jakarta diperkirakan naik sebesar 30,31 persen dibanding penggunaan pada lebaran tahun lalu, yaitu sebesar 3.508,31 MW. Hal itu disebabkan adanya larangan mudik dari pemerintah, sehingga warga Jakarta lebih banyak menetap di ibu kota.

Selanjutnya, PLN akan kembali mengaktifkan pencatatan meter secara langsung oleh petugas catat untuk penerbitan rekening listrik bulan Juni 2020. Petugas pencatat meter akan datang ke rumah pelanggan pascabayar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Editor : Ranto Rajagukguk