PPKM Mikro Diperketat, Menkeu: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2021 Sulit Capai 8 Persen

Rina Anggraeni ยท Senin, 21 Juni 2021 - 18:16:00 WIB
PPKM Mikro Diperketat, Menkeu: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2021 Sulit Capai 8  Persen
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

JAKARTA, iNews.id - Pertumbuhan ekonomi Indonesia sulit mencapai target 8 persen pada kuartal II-2021, terkait dengan PPKM mikro yang kembali diperketat di sejumlah daerah yang mengalami lonjakan kasus Covid-19. 

Pernyataan itu, disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, dalam penjelasan tentang situasi perekonomian terkait perkembangan terakhir pandemi Covid-19, melalui video virtual, Senin (21/6/2021). 

Menurut dia, ekonomi Indonesia bisa tumbuh positif pada kuartal II-2021, namun akan sulit mencapai target tertinggi di kisaran 8 persen. 

Sebelumnya, pertumbuhan ekonomi diprediksi  sepanjang April-Juni 2021 berada di rentang 7,1 persen hingga 8,3 persen year on year (yoy). 

"Kinerja ekonomi kita lanjutkan fase pemulihan kuartal II-2021 di 7,1-8,3 persen. Upper end-nya akan rendah tapi kuartal II-2021 selain rebound juga karena tahun lalu kuartal II dalam sekali kontraksi 5,3 persen," kata Sri Mulyani. 

Hal itu, lanjutnya, antara lain dipengaruhi lonjakan kasus Covid-19 pada Juni 2021, yang telah memicu kecemasan pelaku pasar. Apalagi pemerintah telah memutuskan kembali memberlakukan PPKM mikro selama dua pekan, yakni dari 22 Juni sampai 5 Juli 2021.

Menkeu menjelaskan, perekonomian ke depan masih tergantung dari penanganan kesehatan pandemi virus corona, termasuk upaya peningkatan vaksinasi, dan efektivitas keberlangsungan protokol kesehatan.

Langkah yang dilakukan pemerintah adalah pelaksanaan vaksinasi yang lebih masif, penguatan tes, lacak dan isolasi serta peningkatan kedisiplinan masyarakat.

"Presiden mengharapkan kita bisa naik mencapai 1juta per hari. Ini tentu membutuhkan kerja sama semua pihak. Sekarang semua resources kita difokuskan ke vaksinasi dan pembatasan skala mikro ini,” tutur Sri Mulyani.

Editor : Jeanny Aipassa