Produk Prancis Diboikot, Ini Pengaruhnya bagi Perekonomian Indonesia

Ferdi Rantung ยท Jumat, 30 Oktober 2020 - 20:15:00 WIB
Produk Prancis Diboikot, Ini Pengaruhnya bagi Perekonomian Indonesia
Gerakan boikot produk Prancis tidak akan berpengaruh signifikan baik dari sisi investasi maupun ekspor impor Indonesia. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Seruan aksi boikot produk Prancis menggema di seluruh negara-negara mayoritas muslim, termasuk di Indonesia. Ini dilakukan akibat pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron mengenai Islam.

Menanggapi itu, Ekonom Core Piter Abdullah mengatakan, aksi boikot produk Prancis tidak akan menggangu ekonomi Indonesia. Sebab, baik dari segi perdagangan maupun kerja sama tidak begitu besar.

"Aksi boikot produk Prancis tidak akan berpengaruh pada ekonomi. Justru yang berdampak adalah ekonomi Prancis," ujarnya kepada MNC Portal News, Jumat (30/10/2020)

Dia menjelaskan, gerakan boikot produk Prancis tidak berpengaruh baik dari sisi investasi maupun ekspor impor. Sebab, produk-produk Indonesia sendiri tidak banyak yang bisa menjadi substitusi produk Prancis.

Dia menyebutkan, belajar dari pengalaman sebelumnya, gerakan ini tidak berlangsung lama. Gerakan tersebut hanya bersifat sementara. "Jadi tidak terlalu signifikan dampaknya, dan gerakan ini juga hanya bersifat sementara" katanya

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2