Siapkan Akses Permodalan, KKP Minta Pengusaha Perikanan Tak Cemaskan Covid-19

Antara · Minggu, 14 Juni 2020 - 07:01:00 WIB
Siapkan Akses Permodalan, KKP Minta Pengusaha Perikanan Tak Cemaskan Covid-19
Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) meminta pengusaha perikanan tidak terlalu mencemaskan pandemi Covid-19. (Foto: KKP)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) meminta pengusaha perikanan tidak terlalu mencemaskan pandemi Covid-19. Melalui sinergi yang baik dengan berbagai pemangku kepentingan kondisi ini bisa diatasi.

"Pelaku usaha perikanan tidak perlu khawatir meskipun wabah Covid-19 tengah melanda dunia. Pemerintah hadir melalui KKP bekerja bersama rakyat dengan cara menggandeng berbagai pihak untuk bersama-sama menghadapinya," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dalam keterangan persnya yang dilansir Minggu (14/6/2020).

Menurutnya, permasalahan seperti pemasaran produk perikanan baik budi daya maupun tangkap telah dicarikan solusi, yakni dengan menggandeng Kementerian BUMN untuk menopang hasil produksi.

Melalui Perindo, Perinus maupun Kliring Berjangka, lanjut Edhy, hasil produksi perikanan diyakini dapat terserap, karena sudah disiapkan anggaran cukup banyak untuk mengatasi hal ini.

Dia menegaskan melalui kolaborasi serta kerja sama, tidak ada yang tak mungkin, program akan sukses. KKP siap membantu akses permodalan.

Edhy optimistis Indonesia dapat segera bangkit melalui industri sektor kelautan dan perikanan yang menjadi andalan di masa depan.

"Kami harap dapat memecahkan berbagai masalah yang ada di sektor kelautan dan perikanan serta membuat Indonesia menjadi pemenang dalam menghadapi pandemi Covid-19," kata Edhy.

Editor : Dani M Dahwilani