Sri Mulyani Ajak Masyarakat Login Pajak Pakai NIK

Michelle Natalia ยท Rabu, 20 Juli 2022 - 12:03:00 WIB
Sri Mulyani Ajak Masyarakat Login Pajak Pakai NIK
Menkeu Sri Mulyani mengajak masyarakat untuk login ke laman pajak di pajak.go.id menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK). (Foto: Instagram @smindrawati)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengajak masyarakat untuk login ke laman pajak di pajak.go.id menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Seperti diketahui, hingga saat ini tercatat sebanyak 19 juta NIK sudah terdaftar sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

"Sudah coba login pajak.go.id pakai NIK? Saya sudah mencobanya sendiri kemarin (19/7), saat peresmian implementasi NIK sebagai NPWP dalam rangkaian acara Peringatan Hari Pajak ke-77. Selain bertujuan menyederhanakan perpajakan, penggantian NIK sebagai NPWP ini juga merupakan bagian dari reformasi perpajakan jilid 2 yang dilakukan @ditjenpajakri," ujar Sri Mulyani dikutip dari akun Instagram @smindrawati, Rabu (20/7/2022).

Berdasarkan sejarahnya, Hari Pajak telah ditetapkan sejak sebelum Indonesia merdeka, yaitu tanggal 14 Juli 1945. Penetapan ini didasarkan pada tujuan bahwa untuk menjadi negara yang merdeka dan berdaulat, Indonesia harus memiliki landasan perpajakan yang baik agar memiliki penerimaan yang kuat.

Mengacu pada hal tersebut, Undang-Undang Harmonisasi Perpajakan (UU HPP) lahir sebagai omnibus law untuk mengakselerasi reformasi perpajakan jilid 2. Karena perekonomian dunia berubah, tantangan global semakin rumit, juga dalam rangka menghindari kecurangan di bidang perpajakan, maka kebutuhan akan reformasi perpajakan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda