Sri Mulyani Bakal Paparkan Efek Virus Korona bagi Ekspor Indonesia

Muhammad Aulia ยท Selasa, 11 Februari 2020 - 20:36 WIB
Sri Mulyani Bakal Paparkan Efek Virus Korona bagi Ekspor Indonesia

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus memantau secara komprehensif dampak virus korona terhadap kinerja ekspor Indonesia. Hal ini bertujuan agar pemerintah siap mengantisipasi berbagai kemungkinan yang dapat terjadi.

"Bu Menkeu (Sri Mulyani Indrawati) akan paparkan secara lengkapnya, sehingga dampak ke perdagangan internasional, langsung ke China atau lewat negara lain yang juga punya imbasnya ke Indonesia," kata Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Oleh sebab itu, Askolani mengatakan, pihaknya membutuhkan waktu untuk memverifikasi lebih lanjut perihal detail dari dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh virus korona. Nantinya, hasil verifikasi tersebut digunakan oleh pemerintah sebagai referensi untuk memetakan kemungkinan apa saja yang dapat terjadi, sehingga dapat dilakukan antisipasi dini.

"Kita harus antisipasi the worst-nya, sampai bahwa ini bisa jangka bukan hanya sebulan (atau) dua bulan, (melainkan) lebih dari dua bulan. Jadi kan domestik juga siap untuk bisa menyikapinya," ucap Askolani.

Tak lupa, Askolani juga mengatakan kalau pemerintah akan memantau lebih lanjut perihal dampak yang berpotensi ditimbulkan dari penurunan tingkat ekspor ke China terhadap Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Kalau di PNBP kami belum lihat persis ya potensi yg diekspor ke China. Itu mungkin kami harus cek detailnya di minerba kita, SDA kita, di migas kita ada tidak yang ke sana. Jadi mohon waktu dulu," tutur Askolani.

Editor : Ranto Rajagukguk