Sri Mulyani Berharap Penemuan Vaksin Covid-19 Pulihkan Konsumsi Rumah Tangga

Giri Hartomo · Kamis, 05 November 2020 - 16:47:00 WIB
Sri Mulyani Berharap Penemuan Vaksin Covid-19 Pulihkan Konsumsi Rumah Tangga
Menkeu Sri Mulyani berharap penemuan vaksin Covid-19 diharapkan mampu mengembalikan tren konsumsi rumah tangga. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah terus mendorong perbaikan dalam penanganan Covid-19. Termasuk penemuan vaksin yang diharapkan bisa mengakhiri pandemi.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, penemuan vaksin Covid-19 diharapkan mampu mengembalikan tren konsumsi rumah tangga. Khususnya kelompok menengah atas sebagai pendorong utama.

“Upaya pemerintah untuk perbaikan penanganan Covid-19 dari berbagai indikator dan juga upaya penemuan vaksin dan pemberian vaksin diharapkan mampu mengembalikan tren konsumsi rumah tangga terutama kelompok menengah atas. Perbaikan diharapkan terjadi pada kuartal IV dan seterusnya,” ujarnya, dalam konferensi pers virtual, Kamis (5/11/2020).

Menurut Sri Mulyani, saat ini konsumsi rumah tangga kelas menengah masih sangat terbatas. Ini lantaran masih belum berakhirnya pandemi virus corona (Covid-19) hingga saat ini.

Sementara, konsumsi kelas menengah atas didominasi barang dan jasa yang sensitif pada mobilitas. Sebab itu, penemuan vaksin diharapkan bisa mendorong mobilitas dari kelas menengah atas lagi.

“Konsumsi dari rumah tangga dari kelas menengah atas masih terbatas. Ini dikarenakan kondisi dari Covid-19 belum berakhir. Karakter dari konsumsi menengah atas didominasi barang dan jasa yang sensitif terhadap mobilitas. Dengan adanya covid mobilitas jadi terbatas sehingga konsumsi kelas menengah atas tertahan,” katanya.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2