Sri Mulyani Sebut Harga Tanah di Ibu Kota Baru Naik Sebentar Lagi

Rina Anggraeni · Kamis, 06 Januari 2022 - 09:48:00 WIB
Sri Mulyani Sebut Harga Tanah di Ibu Kota Baru Naik Sebentar Lagi
Menkeu Sri Mulyani sebut harga tanah di ibu kota baru naik sebentar lagi.  (foto: dok. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memperkirakan, harga tanah di provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), khususnya Kutai Kartanegara kemungkinan akan naik sebentar lagi. Itu karena Kaltim akan menjadi ibu kota negara (IKN) Indonesia. 

"Bapak presiden memberikan pemihakan luar biasa bagi Kalimantan dan Kalimantan Timur, persiapan membangun IKN. Saya hampir yakin bapak atau ibu kalau punya tanah di sini harganya sebentar lagi naik semuanya," kata dia, dikutip dari YouTube Kementerian Keuangan, Kamis (6/1/2021).

Karena itu, dia meminta agar warga Kalimantan memiliki perencanaan yang matang dan mempersiapkan diri. Pasalnya, kehidupan di IKN akan jauh berbeda, begitu juga dengan biaya hidupnya.

"Jadi bapak atau ibu harus memiliki perencanaan makin matang sebab hidup di lokal ini akan berubah sama sekali dengan hadirnya IKN. Antara mimpi dan enggak mimpi, bener enggak sih (akan jadi IKN)? Kayaknya enggak, tapi nanti tiba-tiba jadi," tuturnya. 

Pemerintah pun telah mulai melakukan persiapan, mulai membangun jalan tol, bendungan, dan lainnya. Menurut dia, ekonomi akan maju jika infrastrukturnya tersedia. Dia pun berharap sumber daya manusia (SDM) di wilayah calon IKN baru tersebut bisa ditingkatkan.

"Siapkan SDM-nya, karena ekonomi bisa maju karena infrastruktur dibangun. Adanya kantor, jembatan, tetapi kalau rakyatnya tertinggal, itu ngenes. Itu tidak bagus dan tidak berkelanjutan," ujar Sri Mulyani.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda