Stok Daging Defisit Jelang Lebaran, Kemendag Berencana Buka Keran Impor

Ferdi Rantung ยท Senin, 29 Maret 2021 - 19:34:00 WIB
Stok Daging Defisit Jelang Lebaran, Kemendag Berencana Buka Keran Impor
Ada potensi defisit daging sapi pada Mei. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Ketersediaan daging sapi hingga April untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya masih cukup aman. Namun, ada potensi defisit daging sapi pada Mei nanti.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Syailendra memaparkan, stok daging sapi pada Maret surplus sebanyak 7.427 ton, sementara pada April surplus 1.104 ton. Namun, pada Mei masih defisit 9.424 ton. 

Dia menjelaskan, wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya merupakan daerah yang cukup banyak mengonsumsi daging sapi. Namun, dengan adanya populasi sapi di daerah sudah memenuhi kebutuhan dua wilayah tersebut. Hanya saja masalahnya ada di pendistribusian. 

"Saya keliling-keliling daerah betulan, itu sapi luar biasa banyaknya. Jadi enggak perlu takut. Cuma persoalan mobilisasi saja. Kalau ada apa-apa, karena jujur saja yang kita amankan untuk rakyat Jabodetabek, Bandung Raya," kata Syailendra dalam webinar HIPMI secara virtual, Senin (29/3/2021).

Dia menjelaskan, untuk menutupi kekurangan stok pada Mei akan ada impor daging, baik sapi ataupun kerbau. Kemendag berharap daging impor tersebut bisa masuk sebelum Mei atau menjelang Lebaran.

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2