Survei: Kurangi Belanja dan Liburan, Konsumen Indonesia Pilih Menabung

JAKARTA, iNews.id - Nielsen menyatakan, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Indonesia pada kuartal I-2019 stabil di angka 125. Namun demikian, ada tren konsumen lebih berhati-hati dalam membelanjakan uang mereka.
Managing Director Nielsen Indonesia, Agus Nurudin mengatakan, ada tiga indikator yang digunakan untuk mengukur IKK. Dua indikator yaitu prospek lapangan kerja dan kondisi keuangan pribadi pada kuartal I-2019 meningkat dibanding kuartal IV-2018.
Namun, indikator keinginan untuk berbelanja konsumen Indonesia turun. Hanya 56 persen konsumen yang menyatakan 12 bulan ke depan merupakan waktu yang tepat untuk berbelanja barang-barang yang mereka inginkan dan butuhkan.
"Indikator terakhir ini menurun dari 63 persen di kuartal IV-2018," kata Agus, Selasa (4/6/2019).
Terkait penghematan itu, 43 persen konsumen memilih untuk mengurangi belanja baju baru serta mengganti perangkat teknologi baru seperti PC dan smartphone. Sementara 41 persen memilih mengurangi hiburan di luar rumah.