Target Porsi Kredit UMKM 30 Persen di Bank Tahun 2024, Jokowi: Harus Bisa Dipermudah

Dita Angga ยท Kamis, 20 Januari 2022 - 12:39:00 WIB
Target Porsi Kredit UMKM 30 Persen di Bank Tahun 2024, Jokowi: Harus Bisa Dipermudah
Presiden Jokowi mengharapkan target porsi kredit UMKM di perbankan pada 2024 bisa mencapai 30 persen. Jokowi menilai akses perbankan perlu dipermudah. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan target porsi kredit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di perbankan pada 2024 bisa mencapai 30 persen. Menurutnya, untuk mencapai angka tersebut tidak bisa hanya mengandalkan pertumbuhan alamiah saja.

Untuk itu, Jokowi menilai akses perbankan perlu dipermudah agar dapat mengembangkan UMKM di Indonesia.

“Ini harus bisa kita permudah dan bisa kita percepat. Sehingga memberikan peluang yang lebih besar bagi generasi muda yang memulai usaha dan juga UMKM, untuk mengembangkan usaha atau memperbesar skala usahanya,” ujar Jokowi saat membuka pertemuan tahunan Industri Jasa Keuangan di Istana Bogor, Kamis (20/1/2022).

Jokowi menambahkan, 99,9 persen pelaku usaha di Tanah Air merupakan pelaku UMKM. Meskipun jumlahnya besar, Jokowi menyebut porsi kredit di perbankan masih belum berubah.

“Masih ada di kisaran, ini sekali lagi ini sudah mungkin tiga, empat kali saya sampaikan di kisaran 20 persen saja,” kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: