Termasuk Istana Negara, Gedung Pemerintah di Ibu Kota Baru Dibangun di Sepaku

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Rabu, 25 September 2019 - 21:40 WIB
Termasuk Istana Negara, Gedung Pemerintah di Ibu Kota Baru Dibangun di Sepaku

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro. (Foto: Humas Bappenas)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah telah menetapkan Kabupaten Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara (PPU) sebagai ibu kota baru pengganti Jakarta. Gedung-gedung pemerintah, termasuk istana negara nantinya akan dibangun di Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro memastikan Sepaku akan menjadi pusat pemerintahan yang baru. Kecamatan tersebut diketahui mempunyai lahan seluas 117 hektare (ha).

"Lokasi yang terpilih Penajam Paser Utara dan Kutai Timur, makanya yang akan menjadi pusat pemerintahan adalah Kecamatan Sepaku," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (26/9/2019).

Bambang mengungkapkan, daerah berpenduduk 31 ribu jiwa tersebut akan dibangun berbagai gedung pemerintah seperti istana negara, gedung DPR/MPR, dan kantor-kantor menteri.

Dia menyebut, Sepaku tidak hanya diisi gedung-gedung pemerintah semata, melainkan fasilitas penunjang lainnya seperti sarana pendidikan, kesehatan, dan rekreasi sehingga bisa menopang perekonomian kawasan.

Dia mengatakan, ibu kota baru tetap menjaga ekosistem hutan. "Ada konservasi orangutan. Namanya Samboja Lestari, dan ini akan menjadi fokus ibu kota. Kita ingin menjaga keseimbangan lingkungan, ada 400 orangutan yang udah dikembangkan sejak lama," katanya.

Bambang menyebut, lahan Sepaku yang menjadi pusat pemerintahan sepenuhnya dmiliki negara. Saat ini, daerah tersebut menjadi bagian dari konsesi atas Hutan Tanaman Industri (HTI) yang dimiliki oleh PT ITCI Manunggal.


Editor : Rahmat Fiansyah