Tingginya Harga Komoditas Global dan Volatilitas Jadi Tantangan dalam Pemulihan Ekonomi

Anggie Ariesta ยท Selasa, 16 Agustus 2022 - 18:02:00 WIB
Tingginya Harga Komoditas Global dan Volatilitas Jadi Tantangan dalam Pemulihan Ekonomi
Sri Mulyani menyebut, komoditas merupakan tantangan kedua bagi pemulihan ekonomi. Meski harganya relatif tinggi, volatilitas akan mengganggu kegiatan ekonomi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Harga komoditas global saat ini masih relatif tinggi dan volatilitas. Meski demikian, terdapat tendensi penurunan harga beberapa komoditas energi dan pangan seiring pelemahan prospek global.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, komoditas merupakan tantangan kedua bagi pemulihan ekonomi. Walaupun hari ini harganya relatif tinggi, namun pihaknya melihat tidak hanya level, tetapi volatilitas yang akan mengganggu banyak sekali kegiatan ekonomi.

"Kita lihat Natural Gas bisa drop dari 9 dolar AS/MMBtu ke 5,6 dolar AS, naik lagi ke 8 dolar AS hanya dalam hitungan bulan atau bahkan minggu," ujar Sri Mulyani dalam Konferensi Pers Nota Keuangan & RUU APBN 2023, Selasa (16/8/2022).

Demikian juga dengan harga batu bara, komoditas terpenting itu lanjut Sri Mulyani, pernah mencapai 414 dolar AS/Metric Ton drop ke 256 dolar AS hanya dalam waktu satu minggu, dan kemudian naik lagi hingga sekarang turun lagi.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda