Wabah Corona, Aliran Modal Asing Keluar Indonesia Capai Rp125 Triliun

Aditya Pratama ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 17:01 WIB
Wabah Corona, Aliran Modal Asing Keluar Indonesia Capai Rp125 Triliun

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. (Foto: Humas BI)

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing (capital outflow) keluar dari Indonesia cukup deras di tengah wabah virus corona. Sejak awal 2020, modal asing yang keluar mencapai Rp125,2 triliun.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, capital outflow cukup signifikan terjadi sejak awal Maret, bertepatan dengan pertama kalinya kasus Covid-19 terkonfirmasi di Indonesia. Sejak awal Maret, capital outflow mencapai Rp104,47 triliun.

"Aliran modal saham ini surat berharga negara capai Rp112 triliun sedangkan saham Rp9,2 triliun. Kalau di bulan Maret saja itu totalnya adalah Rp104 4,7 triliun dari Rp125,2 triliun yang tadi kami sampaikan," ujar Perry dalam video conference, Selasa (24/3/2020).

Perry memastikan BI bersama pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berupaya keras menjaga ketahanan ekonomi domestik dari gempuran wabah corona. Koordinasi kebijakan antar instansi menjadi kunci.

"Kita pastikan bahwa semua otoritas kami bangun, kami dan OJK ingin memastikan bahwa pelaksanaan fungsi-fungsi Bank Indonesia, bank sentral, pelaksanaan fungsi fungsi OJK berjalannya pasar keuangan jasa keuangan sistem pembayaran itu berjalan untuk mendukung berbagai kegiatan ekonomi dan keuangan," tutur Perry.


Editor : Rahmat Fiansyah