3 Aktris Cantik Ini Pernah Perankan Sosok RA Kartini

Siska Permata Sari ยท Selasa, 21 April 2020 - 05:38 WIB
3 Aktris Cantik Ini Pernah Perankan Sosok RA Kartini

Dian Sastrowardoyo pernah berperan sebagai sosok RA Kartini. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Tanggal 21 April selalu diperingati sebagai Hari Kartini. Peringatan ini dikeluarkan oleh Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No 108 Tahun 1964, di mana tanggal 2 Mei 1964 menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

Sejak itu pula 21 April, tanggal lahir dari Raden Adjeng (RA) Kartini, diperingati sebagai Hari Kartini yang kita rayakan hari ini. Hingga saat ini, perjuangan Kartini terus dikenang dan diabadikan lewat karya-karya seni. Salah satunya adalah film.

Lewat film-film, kita dapat melihat kembali apa yang diperjuangkan oleh pahlawan asal Jepara itu. Tiga aktris ini pun sempat memerankan sosok pahlawan ini.

Siapa saja mereka? Mari simak informasinya seperti dirangkum iNews.id, Selasa (21/4/2020).

1. Yenny Rachman

Yenny Rachman adalah aktris era  1970-an dan memerankan sosok RA Kartini dalam film ‘R.A. Kartini’, sebuah film drama perjuangan Indonesia yang diproduksi pada 1982. Film ini disutradarai oleh sutradara Sjumandjaja. Selain film tersebut, aktris 61 tahun ini pernah menerima Piala Citra lewat filmnya, Kabut Sutra Ungu (1979), yang juga disutradarai Sjumandjaja.

2. Rania Putrisari

Film Kartini yang kedua tayang dengan judul ‘Surat Cinta Untuk Kartini’ tahun 2016. Rania Putrisari didapuk untuk memerankan karakter RA Kartini. Dia beradu akting dengan Chicco Jerikho sebagai Sarwadi. Peran ini membawa Rania Putrisari dinominasikan sebagai Pemeran Pendatang Baru Terbaik di Indonesian Movie Actors Awards 2017.

3. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo bermain dalam film Kartini yang paling baru dan berjudul ‘Kartini’ tahun 2017. Film ini disutradarai Hanung Bramantyo dan meraih pendapatan kotor sebesar Rp19 miliar.

Film ini membawa Dian Sastro meraih Nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia 2017.

Editor : Tuty Ocktaviany