Ajukan Permohonan Uji Materi UU Penyiaran, RCTI: Kita Berteman dengan Content Creator

Siska Permata Sari ยท Minggu, 30 Agustus 2020 - 12:47 WIB
Ajukan Permohonan Uji Materi UU Penyiaran, RCTI: Kita Berteman dengan Content Creator

Direktur Program & Akusisi RCTI Dini Putri dan Chris Taufik sebagai Direktur Legal MNC Media. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id – Rasa penasaran para content creator terkait dampak dari permohonan uji materi UU Penyiaran ke Mahkamah Konstitusi (MK), terjawab sudah. Mereka tetap bisa berkreasi jika permohonan uji materi dikabulkan.

Dalam podcast Deddy Corbuzier, Dini Putri selaku Programming and Acquisition Director RCTI memberikan klarifikasi terkait ramainya informasi di media sosial belakangan ini. Dia menegaskan bahwa uji materi tersebut tidak akan membatasi ruang gerak para content creator.

Bersama dengan Corporate Legal Director MNC Group Christophorus Taufik, Dini menjelaskan permohonan uji materi tersebut ditujukan pada korporasi atau penyedia layanan over-the-top (OTT).

“Kita berteman dengan content creator, karena kita pun punya MCN (Multi-channel network). Jadi, tidak mungkin kita memusuhi content creator dan tidak mungkin membatasi orang melakukan ini, itu, orang kita ada di industri yang sama,” ujar Dini Putri seperti dikutip dari kanal YouTube Deddy Corbuzier, Minggu (30/8/2020).

“MCN saja kita punya, masak kita mau nyerang content creator? Jadi, ngapain menyerang diri sendiri?” ucapnya.

Jika permohonan itu dikabulkan, kata dia, secara tidak langsung dapat melindungi para content creator. Dia memberikan contoh jika sebuah tayangan disebut melanggar aturan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), maka yang ditegur adalah penyedia tayangan, bukan artis atau pengisi acara di tayangan tersebut.

“Sama halnya dengan urusan OTT tadi, kalau ada konten-konten tak sesuai, urusannya adalah OTT atau korporasi dengan regulasinya, nah itu yang saat ini tidak ada. Bukan content creator enggak boleh begini begitu. Enggak ada itu, kita tidak ada bicara itu sama sekali,” ucapnya.

Editor : Tuty Ocktaviany