Bunda, Ini Pentingnya Dampingi Anak saat Menonton Televisi dan Film

Siska Permata Sari ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 13:47 WIB
Bunda, Ini Pentingnya Dampingi Anak saat Menonton Televisi dan Film

Dampingi anak ketika menonton film. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Di zaman serba digital ini, masyarakat semakin mudah untuk mengakses hiburan, baik itu siaran televisi maupun film. Seiring berjalannya waktu, menonton televisi atau film dapat sangat mudah diakses pada gadget seperti komputer dan ponsel.

Hal ini berlaku pada anak-anak yang mempunyai akses dengan gadget maupun televisi di rumah. Apalagi di masa pandemi virus corona baru (Covid-19) saat ini, ketika anak-anak lebih banyak berinteraksi dengan layar gadget daripada bersama teman-temannya di luar rumah.

Oleh sebab itu, peran orangtua sangat penting untuk mengawasi kegiatan anak dengan gadgetnya. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Komisi III Lembaga Sensor Film (LSF) RI Dr Naswardi, MM, ME, yang mengatakan bahwa banyak orangtua tidak memantau konten yang diakses anak melalui gadgetnya.

“Hasil penelitian dari KPAI menjelaskan bahwa 74,3 persen orangtua memberikan akses smartphone pada anak-anak mereka. Kemudian 14,3 persen akses televisi di dalam kamar, 5,6 persen komputer dengan internet, dan 4,7 persen melalui tablet,” tuturnya dalam webinar ‘Upaya Strategi Pemajuan Film Anak di Indonesia’, Kamis (23/7/2020).

Sayangnya dari persentase tersebut, masih ada orangtua yang tidak memantau kegiatan atau konten yang ditonton buah hati di gadgetnya.

“Masih ada 44,4 persen orangtua yang menyatakan mereka tidak memantau atau mengawasi konten yang diakses oleh anak, baik melalui televisi maupun internet,” katanya.

Padahal, dampak yang ditimbulkan bisa berbahaya. Terlebih ada penelitian yang mengungkap bahwa anak-anak yang sering menonton televisi atau film cenderung meniru apa yang ditampilkan pada tayangan. Sehingga hal ini bisa menjadi masalah bila tayangan yang ditonton anak-anak tidak sesuai atau tidak layak tonton.

“Data dari KPAI 2018, sebesar 50 persen anak yang berkonflik dengan hukum karena melakukan tindak pidana asusila, pemerkosaan dan pencabulan disebabkan oleh tontonan video yang mengandung pornografi,” ucapnya.

Oleh sebab itu, penting bagi orangtua untuk mengawasi kegiatan anak dengan gadgetnya. Berikut tips menonton film atau televisi yang aman untuk anak-anak:

1. Dampingilah anak Anda saat menonton. Baik menonton televisi atau film, terutama jika tayangan itu berada di kategori Semua Umur (SU) dan Bimbingan Orangtua (BO).

2. Batasi jam menonton maksimal dua jam per hari.

3. Memilih film atau tayangan yang sesuai dengan usia anak. Misalnya, kode A7+ untuk disaksikan oleh anak berusia 7-12 tahun dikombinasi sebagai A-BO apabila mengharuskan adanya bimbingan orangtua. Kemudian R13+ khusus untuk remaja yang berusia 13-17 tahun.

4. Terakhir, tak kalah penting adalah menanamkan hal-hal baik pada anak, memperkenalkan mana yang patut ditiru dan yang tidak, serta memberikan pemahaman nilai-nilai positif.

Editor : Tuty Ocktaviany