Deretan Fakta Unik Film Gundala yang Segera Tayang di Bioskop

Siska Permata Sari ยท Minggu, 25 Agustus 2019 - 16:33 WIB
Deretan Fakta Unik Film Gundala yang Segera Tayang di Bioskop

Film Gundala akan tayang di bioskop pada 29 Agustus 2019. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Film Gundala yang disutradarai oleh Joko Anwar segera tayang di bioskop pada akhir Agustus mendatang. Ini adalah film superhero Indonesia yang diangkat dari komik pahlawan super ciptaan komikus Indonesia, Harya Suryaminata atau Hasmi.

Film ini melibatkan deretan nama aktris dan aktor ternama, serta jumlah cast yang jumlahnya mencapai ribuan. Aktor yang memerankan sosok Sancaka yang menjadi Gundala itu pun tak kalah keren, yakni Abimana Aryasatya.

Nah, berikut deretan fakta seputar film Gundala yang tayang pada 29 Agustus 2019.

Pernah Diadaptasi Jadi Film

Sebelum digarap Joko Anwar, serial komik Gundala ini pernah diadaptasi menjadi film layar lebar pada 1981. Disutradarai oleh Lilik Sudjio dengan judul 'Gundala Putra Petir', pemeran utama film ini adalah Teddy Purba sebagai Sancaka.

Syuting di 70 Lokasi

Proses syuting film Gundala membutuhkan effort besar. Proses ini dijalankan selama 53 hari dan dilakukan di 70 lokasi. Di antaranya adalah Jakarta, Purwakarta, dan Cilegon.

1.800 Cast

Selain itu, jumlah aktor dan aktris yang terlibat di dalam Gundala versi Joko Anwar ini juga tak main-main. Tercatat, ada kurang lebih 1.800 cast yang terlibat. Di antaranya ada Abimana Aryasatya, Tara Basro, Bront Palarae, Ario Bayu, Rio Dewanto, Marissa Anita, Asmara Abigail, Cecep Arif Rahman, dan masih banyak lagi.

Kostum dari Amerika

Kostum Gundala di film garapan Joko Anwar ini berbeda dengan versi film sebelumnya dan komik. Berdasarkan keterangan Joko Anwar, kostum Gundala ini dibuat oleh perusahaan yang membuat kostum superhero Marvel, Daredevil. Kostum ini juga dibuat di Los Angeles, Amerika.

Skenario Ditulis di Kuburan

Joko Anwar mengaku sempat merasa kesulitan saat menggarap naskah Gundala. Demi melancarkan proses penulisan naskah itu, sutradara 'Pengabdi Setan' ini memilih menulis naskahnya di museum dan kuburan.

Masuk Daftar Toronto Internasional Film Festival

Satu hal lagi yang keren dari Gundala adalah, film ini masuk dalam daftar film yang akan ditayangkan di festival film internasional bergengsi, yaitu Toronto Internasional Film Festival (TIFF) yang berlangsung pada 5-15 September mendatang.

Editor : Tuty Ocktaviany