6 Film Indonesia Terbaik, Raih Banyak Nominasi dan Penghargaan di 2020

Siska Permata Sari ยท Minggu, 13 Desember 2020 - 10:57:00 WIB
6 Film Indonesia Terbaik, Raih Banyak Nominasi dan Penghargaan di 2020
Film Dua Garis Briu (Foto: Official Youtube StarvisionPlus)

JAKARTA, iNews.id – Film Indonesia terbaik menjadi pilihan masyarakat saat pandemi Covid-19. Apa saja yang bisa ditonton?

Dunia film Indonesia mempunyai dinamika tersendiri di setiap zaman. Seperti halnya di tahun 2020, saat pandemi Covid-19 terjadi di hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia.

Meski turut terdampak, bukan berarti dunia film Tanah Air menjadi lesu. Sejumlah film justru bersinar meraih ragam nominasi hingga piala di acara penghargaan maupun festival film di dalam dan luar negeri.

Film-film ini tayang atau rilis di 2019 hingga 2020. Sejumlah judul ini, bisa disebut sebagai film terbaik Indonesia. Apa saja? Berikut daftarnya, seperti iNews.id rangkum pada Minggu (13/12/2020).

1. The Science of Fictions

(Foto: Twitter@angginoen)
(Foto: Twitter@angginoen)

The Science of Fictions merupakan film garapan sutradara Yosep Anggi Noen yang baru hadir di bioskop Indonesia pada Desember ini. Meski baru tayang di bioskop Indonesia, film ini telah berkeliling di berbagai festival film dunia. 

Film yang dibintangi Gunawan Maryanto, Lukman Sardi, dan Asmara Abigail ini bahkan telah meraih penghargaan internasional di Locarno International Film Festival 2019. Selain itu, The Science of Fictions juga menjadi nominasi di berbagai penghargaan bergengsi seperti Piala Citra Festival Film Indonesia 2020.

2. Mudik

(Foto: @lifelikepictures)
(Foto: @lifelikepictures)

Selanjutnya ada film Mudik yang digarap oleh sutradara Adriyanto Dewo. Film yang dibintangi oleh Asmara Abigail, Putri Ayudya, Ibnu Jamil, dan Yoga Pratama tersebut telah meraih banyak nominasi di Festival Film Indonesia 2020. 

Film Mudik juga menjadi nominasi di Festival Film Internasional Macau 2019 dan Festival Film CinemAsia 2020. Selain itu pada perhelatan FFI 2020, Mudik juga membawa pulang penghargaan di kategori Skenario Asli Terbaik.

Editor : Tuty Ocktaviany

Halaman : 1 2