ITA 2020 Digelar 25 September, Berikan Apresiasi kepada Insan Televisi Tanah Air

Siska Permata Sari ยท Jumat, 04 September 2020 - 19:56 WIB
ITA 2020 Digelar 25 September, Berikan Apresiasi kepada Insan Televisi Tanah Air

ITA 2020 digelar untuk memberikan apresiasi kepada insan televisi Tanah Air. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - RCTI kembali menggelar acara Indonesian Television Awards (ITA) 2020 yang segera digelar September ini. Ajang penghargaan tahunan tersebut telah diadakan untuk kelima kalinya dalam memberikan apresiasi pada insan pertelevisian Tanah Air.

Programming and Acquisition Director RCTI Dini Putri mengatakan, RCTI berkomitmen untuk tetap berkesempatan memberikan apresiasi pada orang-orang yang terlibat di industri televisi Indonesia melalui ITA.

“Televisi itu adalah sebuah industri dan industrinya ini adalah sebuah bisnis yang harus serving penontonnya. Sehingga dengan adanya ITA ini, tentu harapannya, apresiasi kepada semua orang yang terlibat di belakang layar, maupun di depan layar, itu bisa terapresiasi selalu setiap tahunnya,” tutur Dini Putri dalam konferensi pers virtual, Jumat (4/9/2020).

Sama seperti tahun lalu, RCTI juga menggandeng dua lembaga survei terkemuka dalam menentukan nominasi dan pemenangnya agar hasilnya objektif dan adil. Dua lembaga survei tersebut, yakni Roy Morgan Research dan Provetic Indonesia.

“Kenapa kita tetap menggandeng Roy Morgan, kita menggandeng Provetic,  karena kita mau ada objektivitas. Sebab kalau kita lakukan semua sendiri kan kita enggak bisa, istilahnya kita enggak bisa ngaca sendiri, dandan sendiri, dan memuji-muji diri sendiri. Jadi, kita ambil objektivitas dari pihak luar,” katanya.

Tahun ini, ada 12 kategori penghargaan yang terdiri dari delapan kategori program televisi, empat kategori individu, serta kategori baru. Nominasinya sendiri berasal dari survei top of mind yang dilakukan oleh lembaga independen Roy Morgan terhadap program-program yang tayang pada periode 1 Juli 2019 hingga 30 Juni 2020.

“Survei ini dilakukan di 17 provinsi di 28 kota di Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, hadir di tengah pandemi Covid-19, membuat perhelatan ITA 2020 harus melakukan protokol kesehatan yang ketat. Hal itu diungkapkan Fabian Dharmawan selaku Head of Production Operation RCTI.

“Kita bangga sekali saat seperti ini kita tetap memberikan penghargaan pada televisi. Insan televisi kita semua selama ini tetap bekerja, menghibur penonton di Indonesia, jadi ini adalah bentuk apresiasi yang fair untuk mereka. Dan tentunya, para nominee nanti akan duduk dengan jarak, kita celebrate tapi tetap tanggung jawab dengan kesehatan dan kita juga menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Acara puncak dan pengumuman pemenang akan disiarkan secara live di RCTI dan MNCTV pada Jumat 25 September 2020, pukul 21.15 WIB.

Editor : Tuty Ocktaviany