Joel Schumacher, Sutradara Batman Meninggal Dunia di Usia 80 Tahun

Siska Permata Sari ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 10:10 WIB
Joel Schumacher, Sutradara Batman Meninggal Dunia di Usia 80 Tahun

Joel Schumacher meninggal dunia di usia 80 tahun. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Sutradara Joel Schumacher yang dikenal dengan karyanya The Lost Boys dan dua seri film Batman, yakni Batman Forever dan Batman & Robin meninggal dunia. Dia meninggal di usia 80 tahun di Kota New York pada Senin 22 Juni 2020.

Penyebab kematian Schumacher adalah penyakit kanker yang menggerogotinya selama ini, demikian seperti dilansir dari Variety, Selasa (23/6/2020).

Selama hidupnya, Schumacher belajar di Parsons The New School for Design sebelum mendapatkan gelar Bachelor of Fine Arts dari Fashion Institute of Technology di New York. Dia sempat bekerja di industri fashion sebelum menjajaki kakinya di dunia film.

Keterlibatan pertamanya dalam film adalah pembuatan skenario untuk film hit Car Wash (1976). Debut sutradara filmnya adalah The Incredible Shrinking Woman pada 1981, yang dibintangi Lily Tomlin.

Schumacher diberikan tampuk kendali franchise "Batman" ketika Tim Burton keluar dari Warner Bros. Film pertama oleh Schumacher, ‘Batman Forever’ yang dibintangi Val Kilmer, Tommy Lee Jones, Jim Carrey dan Nicole Kidman, cukup sukses dan meraup lebih dari 300 juta dolar AS di seluruh dunia.

Film kedua dan terakhir Schumacher dalam seri Batman adalah ‘Batman and Robin’ dengan George Clooney sebagai Batman dan Arnold Schwarzenegger sebagai penjahat Mr. Freeze.

Beberapa tahun setelah bencana Batman, Schumacher mengarahkan adaptasi fitur musikal Andrew Lloyd Webber ‘The Phantom of the Opera’, yang membawanya kepada nominasi Oscar.

Pada 1985, Schumacher meraih kesuksesan lagi dengan film fitur ketiganya, ‘St. Elmo's Fire’.  Kemudian film selanjutnya adalah hit besarnya, film komedi horor ‘The Lost Boys’ tentang sekelompok vampir muda yang mendominasi kota kecil California, dibintangi Jason Patric, Kiefer Sutherland, Corey Feldman dan Corey Haim.

Film-film lainnya termasuk ‘Bad Company’ yang dibintangi Anthony Hopkins dan Chris Rock. Kemudian ‘Veronica Guerin’ yang dibintangi oleh Cate Blanchett dan film thriller Jim Carrey ‘The Number 23’ dan ‘Trespass’ yang dibintangi Nicolas Cage dan Nicole Kidman.

Dia juga meraih sejumlah penghargaan seperti Festival Film Internasional Seni Sinematografi yang memberikan Schumacher penghargaan khusus pada 2010. Selain itu juga Penghargaan Kolaborator Terhormat di Costume Guild Designers Guild Awards pada 2011.

Editor : Tuty Ocktaviany