Makna Lagu 'Ketika Tangan dan Kaki Berkata' yang Jadi Titik Balik Perjalanan Hidup Musisi Legendaris Chrisye 

Riyandy Aristyo · Kamis, 25 Februari 2021 - 19:43:00 WIB
Makna Lagu 'Ketika Tangan dan Kaki Berkata' yang Jadi Titik Balik Perjalanan Hidup Musisi Legendaris Chrisye 
Sebagai penghargaan kepada sang legenda yang turut mengembangkan industri musik Indonesia, film berjudul ‘Chrisye’ dibuat serta dirilis pada 7 Desember 2017.

JAKARTA, iNews.id – Nama besar Chrisye sebagai legenda dan maestro musik Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Karenanya, sebagai penghargaan kepada sang legenda yang turut serta mengembangkan industri musik Tanah Air, film berjudul ‘Chrisye’ dibuat serta dirilis pada 7 Desember 2017.

Film ini diproduksi oleh MNC Pictures dan Vito Global Visi, serta disutradarai oleh Rizal Mantovani dan naskahnya ditulis oleh Damayanti Noor. Film tersebut mengangkat kisah perjalanan hidup Chrisye yang diperankan oleh Vino G Bastian (Chrisye), Velove Vexia (Damayanti Noor), Dwi Sasono (Guruh Soekarno Putra), Teuku Rifnu Wikana (Gauri Nasution) dan Verdi Solaiman (A Ciu), serta berlatar belakang tahun 60-an hingga ia menutup usia pada tahun 2007.

Ketika masih remaja, musisi kelahiran 16 September 1949 ini memiliki ketertarikan dengan dunia musik. Akan tetapi ayahnya menginginkan ia agar menjadi insinyur. Walaupun Chrisye ditentang oleh ayahnya, secara diam-diam ia mendalami musik tanpa sepengetahuan ayahnya.

Musisi yang lahir dengan nama Christian Rahadi ini berhasil membuktikan kesuksesannya dengan karya yang ia ciptakan. Salah satu album Chrisye, “Aku Cinta Dia” sempat populer. Meskipun sudah sukses, Chrisye masih merasa gelisah dengan pencapaian yang ia miliki. 

Chrisye memulai karirnya di dunia musik bersama band Gipsy. Jadwal manggung band mulai padat dan membuat Chrisye hampir beberapa kali mengundurkan diri dari kuliah. Ketika itu, Chrisye belum sepenuhnya terbuka dengan sang ayah yang menginginkannya menjadi insinyur. Namun pada akhirnya, ayahnya memberikan dukungan penuh.

Terlebih lagi, Chrisye juga terus membuktikan karyanya dalam dunia musik. Di tengah perjalanannya membangun karier, Chrisye bertemu dengan Gusti Firoza Damayanti Noor atau akrab disapa Damayanti Noor. Pertemuan dengan Damayanti Noor membuka kehidupan baru yang indah. 

Bukan hanya sebagai penyanyi, Chrisye juga merupakan sosok ayah, seorang kakak, seorang adik, seorang suami yang perhatian dan penyayang. 

Dalam film ini juga diceritakan makna dan proses terciptanya lagu Ketika Tangan dan Kaki Berkata yang diciptakan penyair Taufiq Ismail yang diambil dari arti Surah Yaasin ayat 65 Al Quran. Lagu ini menjadi titik balik sekaligus pematangan seorang Chrisye secara spritual.  Film ini secara dramatis berhasil membangun adegan ini dengan baik, digambarkan Chrisye tak mampu berucap saat menyanyikan syair lagu ini yang bermakna sangat dalam. 

Ikuti kisah selengkapnya di  RCTI+ Film Chrisye, yang dapat disaksikan secara gratis di RCTI+. Klik link untuk nonton: 

https://www.rctiplus.com/programs/641/chrisye/episode/7500/chrisye

Download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk bisa menikmati banyak konten seru lainnya atau melalui link https://www.rctiplus.com. 

Tentang RCTI+


RCTI+ hadir sebagai layanan AVOD (layanan Video On Demand berbasis iklan dimana pengguna gratis dalam menggunakannya) & live streaming dari 4 TV terpopuler (RCTI, MNCTV, GTV dan iNews). Hadir juga konten eksklusif yang tidak tayang di Televisi, hanya ada di aplikasi RCTI+.

Selain itu, ada banyak tayangan terbaik seperti Sinetron Legendaris, pertandingan nasional eSports, Drama Korea, Drama China, Film Hollywood, Film Anak. Kemudian RCTI+ berkembang dengan hadirnya 2 fitur lainnya yaitu News dan Radio+. Di dalam News, pengguna dapat membaca berita terlengkap dari berbagai sumber terpercaya.

Di dalam Radio+, pengguna dapat mendengarkan radio dari seluruh Indonesia, mendengarkan podcast, cerita suara, musik dan audio book. Pada satu tahun usia RCTI+, RCTI+ menghadirkan 2 fitur baru, yakni Home of Talent (HOT) dan Game. Semua dapat dinikmati dengan mudah tanpa harus registrasi dan secara gratis.
•       Website: https://www.rctiplus.com/ 
•       Facebook: https://www.facebook.com/RCTIPlusOfficial/   
•       Twitter: https://twitter.com/RCTIPlus  
•       Instagram: https://www.instagram.com/rctiplusofficial/  
•       Google Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fta.rctitv&hl=in  
•       App Store: https://apps.apple.com/us/app/rcti/id1472168599

Editor : Dani M Dahwilani