Resensi Film Onward, Perjalanan Dua Saudara Mencari Keajaiban

Antara ยท Rabu, 04 Maret 2020 - 19:33 WIB
Resensi Film Onward, Perjalanan Dua Saudara Mencari Keajaiban

Film Onward menceritakan perjalanan dua saudara mencari keajaiban. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Hubungan antara dua saudara tidak selalu berjalan dengan baik, meski keduanya sebenarnya saling sayang. Hal itu yang ingin ditonjolkan pada film Onward.

Berlatar di dunia fantasi modern, film ini berkisah tentang dia bersaudara Barley Lightfoot (Chris Patt) dan Ian Lightfoot (Tom Holland) yang menjalankan misi untuk menemukan kembali sisa-sisa keajaiban dunia.

Kisah dimulai saat Ian merayakan ulang tahunnya yang ke-16 dan mendapat hadiah spesial dari sang ayah yang telah meninggal saat Ian belum dilahirkan. Sang ayah memberikan tongkat ajaib disertai sepucuk surat dan batu pertama.

Dalam pesan tersebut, tertulis sebuah mantra misterius yang dipercaya dapat mengembalikan sosok ayah mereka selama 24 jam. Ini merupakan kesempatan dan hadiah terbaik bagi Ian.

Namun harapan tidak sesuai kenyataan, Ian dan Barley hanya berhasil mengembalikan setengah badan saja. Keduanya harus menjalankan sebuah misi spesial agar dapat mengembalikan sosok ayah mereka seutuhnya.

Ian dan Barley harus bekerja sama melalui berbagai rintangan yang akhirnya membawa mereka pada sebuah perjalanan yang tak terduga. Perjalanan Ian dan Barley penuh dengan canda dan cukup membawa emosi. Barley yang sembrono dan urakan serta Ian yang canggung, membuat petualangan mereka semakin seru.

Belum lagi saat Ian merasa bahwa kakaknya adalah seorang pecundang yang tidak bisa diandalkan. Sementara itu, Barley selalu beranggapan jika sang adik adalah segalanya bahkan dia rela melakukan apapun untuk keselamatan Ian.

Onward adalah sebuah film keluarga yang menitikberatkan hubungan antara kakak dan adik, bagaimana keduanya memiliki pandangan masing-masing tentang sosok yang dirindukan dan cara membahagiakan orang terkasih.

Film yang disutradarai oleh Dan Scanlon ini juga ingin menunjukkan bahwa rasa peduli dan sayang pada saudara terkadang tidak diperlihatkan secara jelas. Namun ketika dibutuhkan, mereka akan berjuang dan berusaha untuk hadir walau dalam keadaan susah sekalipun.

Kisah yang terdapat dalam film Onward bisa dibilang cukup unik dan belum pernah diangkat oleh Disney dan Pixar. Pasalnya, ide cerita tersebut merupakan pengalaman dari sang sutradara.

"Kisah ini terinspirasi dari cerita saya dengan saudara laki-laki saya dan hubungan dengan ayah kami yang telah meninggal saat saya berusia satu tahun. Kita semua pasti pernah merasa kehilangan, dan kesempatan untuk menghabiskan satu hari bersama orang yang telah meninggalkan kita tentunya merupakan sebuah impian yang tak ternilai harganya," kata Dan Scanlon melalui keterangan resminya beberapa waktu lalu.

Pemilihan genre fantasi sangat pas untuk menggambarkan bagaimana keajaiban tersebut bisa terjadi. Karakter dari tokoh Ian dan Barley pun sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga terasa begitu nyata.

Onward juga menyuguhkan tontonan dengan gambar dan warna yang menyenangkan mata. Ada tawa, emosi dan air mata yang menemani perjalanan Ian dan Barley dalam menemukan keajaiban.

Onward mulai tayang hari ini di bioskop Tanah Air dan melibatkan beberapa aktor dan aktris sebagai pengisi suara, di antaranya Julia Louis-Dreyfus, Octavia Spencer, dan Ali Wong.


Editor : Tuty Ocktaviany