33 Persen Pasien di Indonesia Alami Long Covid-19, Apa Saja Gejalanya?

Kevi Laras Wana ยท Sabtu, 24 September 2022 - 12:02:00 WIB
33 Persen Pasien di Indonesia Alami Long Covid-19, Apa Saja Gejalanya?
33 persen pasien Covid-19 di Indonesia mengalami long Covid. (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNews.id - Sebagian pasien di Indonesia mengalami kondisi long Covid-19 pasca terinfeksi virus. Hal itu diungkapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Kemenkes menyebut, sekitar 33 persen pasien Covid-19 di Indonesia mengalami long Covid-19. Data ini disampaikan oleh Juru Bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril.

Sebagaimana diketahui, long Covid-19 atau Covid-19 berkepanjangan merupakan istilah medis. Ini adalah kondisi di mana pasien atau seseorang yang sebelumnya positif Covid-19 dan dinyatakan negatif tetapi masih merasakan beberapa gejala.

"Long Covid merupakan istilah medis bagi seseorang yang sudah sindromic. Jadi long Covid-19 sudah tidak positif lagi, PCR negatif, di Indonesia ada datanya sekitar 33 persen," kata dr Syahril belum lama ini.

Ada beberapa gejala long Covid-19 yang dapat dirasakan pasien. Dua gejala yang dialami pasien long Covid-19 di antaranya sesak napas dan diare.

Kedua gejala tersebut ditemui pada pasien yang mengalami long Covid-19. Meskipun sebelumnya tidak mengalami apa-apa atau tanpa gejala.

Editor : Siska Permata Sari

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda