4 Hal Ini Bisa Jadi Alasan Orang Berselingkuh

Siska Permata Sari ยท Minggu, 01 Desember 2019 - 05:01 WIB
4 Hal Ini Bisa Jadi Alasan Orang Berselingkuh

Ilustrasi pasangan yang sedang membahas topik perselingkuhan. (Foto: pixabay.com)

JAKARTA, iNews.id - Pernahkah Anda menjadi korban perselingkuhan oleh orang yang Anda cintai? Atau, pernahkah Anda berpikir atau bahkan telah diam-diam berselingkuh dari pasangan Anda? Tidak perlu dijawab, biar suara dalam hati Anda yang menjawabnya dengan jujur.

Selingkuh, memang menjadi aib dan masalah serius dalam hubungan romantis mana pun. Kadang, sulit untuk memahami mengapa seseorang tega menyakiti pasangannya dengan cara berselingkuh. Namun satu yang pasti, itu ada penyebabnya.

Ada daftar panjang mengapa perselingkuhan bisa terjadi. Berikut informasinya seperti dirangkum iNews.id dari Letter F The F Thing, Jumat (29/11/2019).

Keterkaitan dengan masa kecil

Seorang terapis hubungan, Dr Susa Edelman mengatakan, orang yang berselingkuh cenderung memiliki beberapa masalah diri. Termasuk di antaranya masalah masa kecil, masalah harga diri, dan bahkan gangguan psikologis.

Orang yang memiliki masalah di masa kanak-kanak menyebabkan mereka merasa tidak layak untuk dicintai dan takut akan keintiman. Karena itu, mereka cenderung menghindari hubungan intim dengan pasangannya.

Menghindari konflik

“Selingkuh memungkinkan orang untuk melarikan diri,” kata psikolog klinis Joshua Klapow, PhD. Sering kali selingkuh dijadikan sebagai cara untuk mengalihkan emosi ketika seseorang tidak mampu mengelola masalahnya dengan baik. Baik itu masalah dalam hubungan, masalah di tempat kerja, dan sebagainya.

Selingkuh juga menjadi cara untuk mendapatkan validasi emosional, karena dengan menipu, para peselingkuh bisa bersama seseorang yang tidak terlibat dengan masalah mereka dan akhirnya mendapatkan dukungan semu dari “pasangan baru” mereka.

Keintiman baru dengan orang yang baru

Perselingkuhan mungkin paling sering terjadi karena alasan yang satu ini. Memang, wajar untuk akrab dengan seseorang dari lingkungan yang sama, dan juga normal ketika hubungan itu akhirnya sampai ke tingkat berikutnya, yaitu hubungan romantis atau hubungan intim.

Orang bisa berselingkuh karena telah mengembangkan terlalu banyak keintiman dengan temannya dalam intensitas sedemikian rupa yang membuat batas-batas di antara mereka semakin lemah dan akhirnya menjalin hubungan terlarang. Perselingkuhan juga bisa terjadi karena kurangnya keintiman seseorang dengan pasangannya, sehingga dia mencarinya melalui hubungan lain.

Balas dendam

Kurangnya komunikasi antara pasangan dapat menyebabkan kesalahpahaman dan akhirnya berakhir dengan kemarahan dan kebencian. Masalah ini jika tidak diselesaikan dapat meledak dan menyebabkan perselingkuhan. Ini juga dapat terjadi sebagai balas dendam, jika pasangan Anda pernah diselingkuhi sebelumnya.


Editor : Ahmad Islamy Jamil