4 Tips Menjaga Kesehatan Menjelang Ibadah Haji

Siska Permata Sari ยท Senin, 11 Juli 2022 - 11:03:00 WIB
4 Tips Menjaga Kesehatan Menjelang Ibadah Haji
Ini tips aman bagi Anda yang ingin menjalani ibadah Haji. (foto: dok Motion Pay)

JAKARTA, iNews.id – Pada 2022 ini, pemerintah Indonesia telah membuka kembali kesempatan menunaikan Ibadah Haji ke Tanah Suci bagi 100.051 orang jemaah yang dibagi ke dalam beberapa kloter keberangkatan. Tentunya masyarakat Muslim sangat antusias mengingat kegiatan Ibadah Haji baru diadakan kembali setelah melewati 2 musim haji akibat pandemi.

“Kebahagiaan dan rasa syukur menyelimuti para calon jemaah yang selama ini telah menunggu antrian untuk menunaikan Ibadah Haji. Tentunya sebelum jadwal keberangkatan, Anda perlu melakukan persiapan diri agar Ibadah Haji dapat berjalan dengan lancar,” ucap Managing Director MotionPay Jessica Tanoesoedibjo.

MotionPay telah merangkum 4 tips bagi Anda yang akan menjalani Ibadah Haji, antara lain:

1. Mempersiapkan Fisik dan Mental
Fisik yang sehat sangat berperan penting agar Anda dapat menjalankan Ibadah Haji dengan nyaman. Untuk itu, sebelum keberangkatan, akan lebih baik jika Anda mempersiapkan kondisi fisik Anda, misalnya dengan latihan berjalan kaki atau berolahraga secara rutin. Selain fisik, Anda juga perlu memperhatikan kondisi jiwa, salah satunya dengan mengurangi kegiatan yang dapat meningkatkan risiko stres.

2. Mempersiapkan Asupan dan Perlengkapan
Pada musim haji 2022 ini, Kementerian Agama bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah menginformasikan bahwa jemaah haji perlu waspada dengan cuaca ekstrim yang sedang melanda Arab Saudi hingga 44 derajat celcius. Oleh karena itu, calon jemaah haji perlu mempersiapkan diri dengan memperbanyak minum air putih serta mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Selain itu, penting juga untuk mempersiapkan perlengkapan, seperti payung, penutup kepala, dan tabir surya untuk mengantisipasi cuaca esktrim, serta tidak lupa tetap menjaga protokol kesehatan.

3. Melakukan Vaksin
Selain vaksin Covid-19, Arab Saudi mewajibkan calon jemaah haji untuk melakukan vaksin Meningitis karena biasanya virus menyebar melalui para jemaah haji yang berasal dari negara endemis Meningitis. Selain itu, jemaah haji juga disarankan untuk melakukan vaksin Influenza agar tidak terkena flu yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan berat dan vaksin Pneumonia agar tidak rentan terkena penyakit, terutama bagi lansia.

4. Memeriksakan Diri sebelum Keberangkatan
Sebelum berangkat haji, Anda perlu memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter atau rumah sakit, terlebih jika kondisi tubuh Anda kurang sehat. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama Ibadah Haji. Oleh karena itu, Anda juga perlu memiliki jaminan kesehatan yang dapat digunakan kapan saja ketika dibutuhkan, salah satunya yaitu BPJS Kesehatan.

Untuk membayar iuran BPJS Kesehatan, Anda cukup menggunakan aplikasi MotionPay. Anda tidak perlu repot lagi mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan, apalagi ditambah bonus MotionPoints. Semakin praktis dan untung dengan dompet digital MotionPay! Yuk segera download aplikasi MotionPay di Google PlayStore/Apple AppStore melalui http://onelink.to/motionpay

MotionPay adalah layanan aplikasi uang elektronik dari PT MNC Teknologi Nusantara, entitas anak dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group. Telah terdaftar dan memperoleh izin oleh Bank Indonesia sebagai penyelenggara sistem pembayaran elektronik (e-money, e-wallet, dan digital remittance).

Editor : Elvira Anna

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda