5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Selama WFH

Siska Permata Sari ยท Kamis, 14 Mei 2020 - 11:21 WIB
5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Selama WFH

Menjaga kesehatan Mata (Foto : workopolis blog)

JAKARTA, iNews.id - Selama masa pandemi virus corona (Covid-19), kegiatan di luar rumah dibatasi, termasuk bekerja. Oleh sebab itu, sebagian besar pekerja diminta untuk bekerja dari rumah, atau work from home (WFH).

Bekerja dari rumah memang saat ini menjadi opsi terbaik untuk mencegah penyebaran virus corona. Namun sayangnya, tidak jarang pula hal ini menimbulkan ragam masalah kesehatan. Salah satunya kesehatan mata.

Saat bekerja dari rumah, mata Anda lebih berisiko terganggu. Sebab, menatap layar digital selama berjam-jam, dapat membuat mata tegang. Apalagi jika Anda stres dan kurang tidur, maka mata Anda kemungkinan akan kering dan merasa lelah.

Berikut tips menjaga kesehatan mata selama WFH, seperti dirangkum iNews.id, Kamis (14/5/2020).

Pastikan posisi monitor yang tepat

Jika Anda bekerja pakai komputer atau laptop, pastikan Anda memosisikan layar monitor yang tepat agar tidak membuat mata Anda tegang. Turunkan sedikit layar monitor dari ketinggian mata. Kemudian berikan jarak dari layar ke mata Anda sepanjang 25 inci atau sepanjang lengan. Ini untuk mengurangi intensitas cahaya dan tekanan pada mata.

Sesuaikan kecerahan layar

Layar yang terang akan memaksa mata Anda bekerja lebih keras. Jadi, cobalah untuk menyesuaikan kecerahan layar dengan tingkat ruangan dan meningkatkan kontras untuk mengurangi ketegangan mata.

Batasi cahaya dari luar

Hindari cahaya dari luar yang membuat layar Anda menjadi silau. Bila memungkinkan, Anda dapat menggunakan layar anti silau atau menjauhkan layar Anda dari jendela atau lampu yang memantul.

Jangan lupa aturan 20-20-20

Bekerja dari rumah bukan berarti Anda tidak punya waktu untuk beristirahat. Gunakanlah aturan 20-20-20 untuk mengistirahatkan mata Anda dari layar. Setiap 20 menit, berhentilah setidaknya selama 20 detik dan fokuskan mata Anda pada sesuatu yang berjarak setidaknya 20 kaki. Ini mendorong otot-otot di mata Anda untuk rileks dan dapat membantu mengurangi mata lelah.

Jangan lupa berkedip

Mata Anda secara alami akan berkedip setiap 4 detik, tetapi beberapa penelitian menunjukkan ini berkurang lebih dari 50 persen ketika menatap layar komputer atau perangkat digital lainnya. Usahakan untuk berkedip sesering mungkin, yang akan membantu menjaga mata tetap lembap dan menghindari mata kering.

Editor : Vien Dimyati