5 Fakta Sejarah Hari Valentine 

Siska Permata Sari · Minggu, 14 Februari 2021 - 12:13:00 WIB
5 Fakta Sejarah Hari Valentine 
Simak lima fakta tentang sejarah Hari Valentine dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Minggu (14/2/2021). (Foto: Reuters) 

JAKARTA, iNews.id - Pada setiap tahun, 14 Februari menjadi momen perayaan Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang. Momen ini biasanya dirayakan dengan pengungkapan rasa cinta pada pasangan dengan berbagai cara. 

Mulai dari kartu ucapan, cokelat, bunga, hingga hadiah-hadiah serta kejutan manis lain untuk menyenangkan hati pasangan. Namun, tahukah Anda, dari mana perayaan ini berasal? 

Ada beragam versi terkait asal muasal adanya Hari Valentine. Salah satunya kisah tragis tentang seorang pria bernama Valentine. Seperti apa kisah selengkapnya? 

Simak lima fakta tentang sejarah Hari Valentine dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Minggu (14/2/2021). 

1. Kisah tragis St Valentine 

Ditilik dari sejarahnya yang dilansir dari situs History.com, Valentine merupakan seorang pendeta di Roma abad ketiga. Menurut legenda, di zaman itu, Valentine menentang larangan Kaisar Claudius II tentang pernikahan.  

Namun di tengah larangan tersebut, Valentine justru menikahi pasangannya secara ilegal hingga dirinya tertangkap dan dijatuhi hukuman mati. 

Kisah Valentine yang memperjuangkan cinta hingga ajal menjemput inilah yang dinilai romantis, tetapi menyimpan kisah tragis di baliknya. Kematian Valentine ini, dipercaya mengawali adanya Hari Valentine hingga sekarang. 

2. Berasal dari Festival Lupercalia 

Selain tentang kematian St Valentine, ada juga beberapa orang yang percaya Hari Valentine berasal dari festival kesuburan yang disebut Lupercalia. Festival ini dirayakan pada 14-15 Februari di masa Romawi Kuno. Namun seiring berjalannya waktu, tradisi ini dinilai tidak bermoral dan dinilai tidak melambangkan kasih sayang. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2