5 Penyakit yang Mengintai Selama Musim Hujan, Nomor 3 Berakibat Fatal

Wiwie Heriyani ยท Jumat, 04 November 2022 - 08:01:00 WIB
 5 Penyakit yang Mengintai Selama Musim Hujan, Nomor 3 Berakibat Fatal
Ilustrasi penyakit saat musim hujan. (Foto: istimewa)

JAKARTA iNews.id - Memasuki musim pancaroba atau peralihan antara panas dan hujan biasanya disertai dengan berbagai penyakit. Sedikitnya ada lima penyakit yang paling sering terjadi memasuki musim hujan, salah satunya diare.

Memang pada musim hujan, suhu udara akan lebih dingin daripada biasanya. Suhu yang dingin memudahkan virus untuk berkembang biak dan berpindah tempat. Sementara itu, sistem kekebalan tubuh manusia bekerja lebih lemah pada suhu yang dingin. Akibatnya, virus lebih mudah untuk menginfeksi tubuh.

Belum lagi jika timbul masalah banjir, alhasil media penyebaran bakteri dan virus lebih cepat. Jadi jika tidak benar-benar menjaga daya tahan tubuh saat musim hujan, Anda akan dengan mudah terkena penyakit.

Berikut beberapa jenis penyakit yang kerap mengintai saat musim hujan:

1. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)
ISPA merupakan penyakit saluran pernapasan atas atau bawah yang dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti batuk pilek, radang tenggorokan, hingga Covid-19. Kandungan air yang tinggi di udara mendukung berbagai mikroorganisme berbahaya berkembang biak lebih cepat daripada di iklim yang lebih hangat dan lebih kering.

2. Demam tifoid
Demam tifoid merupakan penyakit akut yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi. Bakteri ini biasanya ditemukan pada makanan atau minuman yang terkontaminasi. Bakteri ini juga dapat ditularkan dari orang yang terinfeksi.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda