6 Cara Alami Meningkatkan Kualitas Sperma dan Kesuburan Pria

Siska Permata Sari ยท Senin, 30 Maret 2020 - 07:24 WIB
6 Cara Alami Meningkatkan Kualitas Sperma dan Kesuburan Pria

Makanan sehat bisa meningkatkan kualitas dan kesuburan pria. (Foto: Ilustrasi AFP)

JAKARTA, iNews.id - Jumlah dan kualitas sperma merupakan salah satu indikator kesuburan bagi pria. Hal ini penting bagi pria, terutama bagi Anda yang tengah mendambakan buah hati. Tetapi, bagaimana indikator kualitas sperma yang sehat?

Menurut World Health Organization (WHO), jumlah sperma yang sehat adalah 15 juta per mililiter (ml) atau setidaknya 39 juta per sampel.  Sementara itu, jumlah sperma yang kurang dari 10 juta per mililiter dianggap abnormal dan umumnya terkait dengan infertilitas atau ketidaksuburan pria.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan kesuburan pria dan meningkatkan kualitas sperma? Sejumlah peneliti menemukan cara-cara alami dalam meningkatkan jumlah sperma.

Apa saja? Mari simak informasi yang dirangkum iNews.id dari Medical News Today, Senin (30/3/2020).

1. Menjalani pola hidup sehat

Hal pertama harus dilakukan adalah menjalani pola hidup sehat yang merupakan kunci untuk menjaga kesuburan dan meningkatkan jumlah sperma. Anda bisa memulainya dengan mengurangi rokok, alkohol, rutin olahraga, tidur yang cukup, dan kurangi stres.

2. Olahraga

Salah satu kiat hidup sehat adalah berolahraga dan ini berpengaruh baik untuk kualitas sperma Anda. Berdasarkan studi tahun 2017, melakukan program latihan aerobik 16 minggu setidaknya 50 menit latihan, dapat meningkatkan volume dan konsentrasi sperma pada 45 pria yang tidak aktif dan obesitas.

3. Berhenti merokok

Merokok dan minum-minuman alkohol ternyata dapat berdampak pada kesuburan dan kualitas sperma pria. Sebuah studi 2016 meninjau hasil lebih dari 20 penelitian yang berbeda dengan total hampir 6.000 peserta menemukan merokok secara konsisten mengurangi jumlah sperma. Sejumlah penelitian lain bahkan menyebut, penggunaan obat-obatan seperti alkohol, marijuana, dan kokain dapat mengurangi produksi sperma.

4. Hindari minum obat-obatan tertentu

Jika Anda ingin meningkatkan jumlah sperma, sebisa mungkin hindari dulu obat-obatan dengan resep seperti beberapa antibiotik, anti-androgen, antiperadangan, antipsikotik, kortikosteroid, steroid anabolik, testosteron eksogen dan metadon. Sebab, obat-obatan tersebut bisa mempengaruhi jumlah sperma Anda.

5. Mendapatkan cukup vitamin D

Konsumsi vitamin D dan mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi antioksidan sangat penting sebagai faktor yang bisa meningkatkan jumlah sperma. Sebab, antioksidan merupakan molekul yang membantu menghilangkan dan menonaktifkan radikal bebas dan senyawa lain yang merusak sel serta terbukti membuat jumlah sperma meningkat.

6. Mengonsumsi makanan sehat

Seperti dikatakan sebelumnya, makanan sangat mempengaruhi jumlah sperma dan kesuburan Anda. Bahkan, makanan juga dapat meningkatkan gairah seks Anda di ranjang.

Oleh sebab itu, ada makanan-makanan yang direkomendasikan untuk meningkatkan jumlah sperma. Di antaranya gandum utuh, biji-bijian, ikan salmon, tiram, susu, coklat hitam, bawang putih, pisang, brokoli, ginseng, kunyit, asparagus, bayam dan kale.

Selamat mencoba!

Editor : Tuty Ocktaviany