6 Cara Menghadapi Pasangan Over Protektif

Shafira Ichwani ยท Kamis, 30 Januari 2020 - 09:19 WIB
6 Cara Menghadapi Pasangan Over Protektif

Terkadang pasangan Anda terlalu protektif dan itu bisa menjadi masalah jika terjadi terus-menerus. (Foto: Inspiring Tips)

JAKARTA, iNews.id - Cinta adalah perasaan hebat dan hidup Anda akan lebih indah jika memiliki pasangan yang mencintai tanpa syarat. Tetapi, mempertahankan hubungan bukanlah hal mudah.

Ada banyak masalah yang dihadapi. Terkadang pacar Anda terlalu protektif dan itu bisa menjadi masalah jika terjadi terus-menerus.

Dalam kasus seperti ini, Anda mungkin merasakan dorongan untuk tidak hanya mempertahankan kebebasan dan ruang, tapi juga mencapai keseimbangan dalam hubungan. Untuk membantu Anda keluar dari situasi seperti ini, ada beberapa cara dalam menghadapi pacar terlalu (over) protektif.

1. Cari tahu mengapa dia terlalu protektif

Sebelum mencapai kesimpulan dan berpikir pacar Anda bukan orang baik, Anda bisa mengetahui alasan di balik sikapnya itu. Mungkin dia memiliki beberapa pengalaman pahit selama masa kecil yang memaksanya mengembangkan sikap ini. Atau mungkin dia hanya berusaha melindungi Anda dari orang yang memiliki niat buruk.

2. Bicara dengannya sampai mendapat kesimpulan

Tidak ada masalah yang bisa diselesaikan. Diskusi adalah cara yang tepat. Anda dapat mencoba memperbaikinya dengan membicarakan hal sama dengan pacar Anda.

Pastikan Anda menyampaikan pesan dengan cara yang benar sehingga memberi orang lain kesempatan memahami pikiran atau perspektif Anda. Misalnya, jika dia tidak ingin Anda keluar selama jam-jam aneh, Anda dapat memintanya untuk menjemput dari kantor saat sudah larut malam atau terlalu pagi. Ini bisa bermanfaat untuk jangka panjang dan ikatan Anda berdua akan tumbuh.

3. Tidak bereaksi berlebihan

Jika dia melarang Anda melakukan sesuatu atau meminta untuk tidak bergaul dengan orang-orang tertentu yang tidak disukainya, itu dapat merusak hubungan. Cobalah untuk tidak bereaksi berlebihan, terutama di depan umum. Anda bisa membicarakannya nanti.

Reaksi berlebihan tidak hanya akan memperburuk situasi, tapi juga akan membawa lebih banyak kesulitan. Bila bereaksi berlebihan, pacar Anda mungkin akan meneriaki atau membuat Anda merasa terhina.

4. Kenalkanlah teman Anda

Pacar Anda mungkin merasa tidak semua orang di sekitar Anda dapat dipercaya atau memiliki niat baik. Jadi, jika dia tidak ingin Anda bergaul dengan teman-teman tertentu, lebih baik Anda memperkenalkan mereka.

Melalui cara ini, pacar Anda akan mengetahui tentang teman-teman Anda dan dapat memahami ikatan Anda dengan mereka.

5. Jangan terlalu bergantung padanya

Jika Anda ingin pacar berhenti terlalu protektif, lebih baik Anda menghindari ketergantungan kepadanya atau orang lain. Kendalikan keselamatan Anda dan pastikan apa pun yang dilakukan baik untuk Anda dalam jangka panjang. Jika Anda tidak dapat mengambil sikap untuk diri sendiri, dia mungkin merasa Anda membutuhkan perlindungan dan itu terlalu protektif.

6. Hindari menerima perilakunya setiap saat

Anda mungkin merasa niat pasangan hanya untuk melindungi dan menyelamatkan Anda dari kecelakaan. Tapi, bila Anda merasa tercekik dengan perilakunya maka Anda dapat memberi tahu dia. Anda harus membuatnya mengerti bahwa Anda dapat menjaga diri dengan benar.

Selain itu, jika Anda menemukan bahwa dia mencoba memaksakan keputusannya, boleh menolaknya dan memilih apa yang Anda rasa tepat. Pahamilah bahwa itu adalah perawatan diri, bukan egois.

Kepercayaan adalah dasar dari suatu hubungan. Seseorang harus memiliki kepercayaan kepada pasangannya jika mereka ingin bahagia dalam hubungan.

Editor : Dani Dahwilani