7 Jenis Diet Vegetarian, Selain Tidak Makan Hewani Ada yang Tak Boleh Dimasak

Intan Afika Nuur Aziizah ยท Kamis, 08 September 2022 - 21:33:00 WIB
7 Jenis Diet Vegetarian, Selain Tidak Makan Hewani Ada yang Tak Boleh Dimasak
Jenis diet vegetarian tak hanya satu, ada berbagai jenis diet vegetarian dan daftar makanan yang dapat dikonsumsi. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Diet vegetarian adalah pola makan yang mengharuskan kamu mengonsumsi makanan dari sayur, buah, dan protein nabati. Kenapa diet vegetarian banyak dilakukan? Umumnya hal ini disebabkan kondisi kesehatan pribadi, kepercayaan atau budaya, dan isu lingkungan.

Jenis diet vegetarian sebenarnya ada beberapa macam. Ada yang full sumbernya dari sayur, buah, dan protein nabati saja, tapi ada juga yang masih mengonsumsi produk hewani. 

Untuk mengetahui jenis-jenis vegetarian lebih lengkap, simak uraian berikut:

1. Diet Vegetarian Lacto-Ovo

Pada jenis diet vegetarian ini, kamu tidak boleh mengonsumsi daging atau ikan. Tapi, kamu masih diizinkan mengonsumsi telur dan produk susu.

Kata “lacto” mengacu pada susu sapi dan produk olahannya, sedangkan kata “ovo” berarti telur. Pola makan tersebut memperbolehkan kamu mengonsumsi susu dan olahan lain, seperti mentega, keju, krim, yoghurt, atau es krim.

Penganut Buddha dan Hindu mengikuti diet ini karena tidak diperbolehkan mengonsumsi daging sapi. 

2. Diet Vegetarian Lacto

Berbeda dengan jenis diet vegetarian sebelumnya, diet vegetarian lacto masih memperbolehkan konsumsi susu dan produknya, seperti mentega, keju, yoghurt, krim, dan es krim. 

Namun, kamu harus menghindari jenis daging, seperti sapi, babi, ayam, dan ikan. Tak hanya itu, pelaku diet vegetarian lacto juga tidak mengonsumsi telur.

Sebab itu, orang yang mengikuti pola makan ini hanya boleh mengonsumsi sayur, buah, protein nabati seperti tahu, tempe, dan kacang-kacangan, serta susu dan produk olahannya.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda