7 Seserahan Pernikahan yang Wajib Ada, Ternyata Ini Makna di Baliknya

Rilo Pambudi ยท Jumat, 24 Juni 2022 - 22:29:00 WIB
7 Seserahan Pernikahan yang Wajib Ada, Ternyata Ini Makna di Baliknya
Prosesi acara pernikahan di Indonesia biasanya harus ada pemberian hantaran berupa seserahan pernikahan.

JAKARTA, iNews.id - Prosesi acara pernikahan di Indonesia biasanya harus ada pemberian hantaran berupa seserahan pernikahan. Hantaran tersebut biasanya diberikan oleh pihak keluarga mempelai pria kepada calon mempelai wanita.

Seserahan pernikahan juga menjadi simbol kesanggupan laki-laki untuk mencukupi kehidupan wanita yang dipinangnya. Barang-barang yang digunakan dalam seserahan biasanya memiliki makna sekaligus doa untuk kehidupan rumah tangga kelak.

Oleh karena itu, barang seserahan harus dipilih dengan tepat sesuai dengan kebutuhan dan harapan setelah pernikahan nantinya.

Selain itu, pihak perempuan juga bisa meminta dan memilihkan langsung benda-benda yang dipakai untuk seserahan

Sehingga, seserahan pernikahan itu nantinya benar-benar sesuai kebutuhan calon istri.

Lantas apa saja barang yang harus dibawa sebagai hantaran atau seserahan pernikahan? Berikut ini adalah ulasannya.

7 Seserahan Pernikahan yang Wajib Ada:

1. Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah sudah menjadi hantaran wajib yang ada dalam daftar seserahan pernikahan, khususnya untuk pasangan muslim. Seserahan berupa Al Quran dan seperangkat alat sholat biasanya tak pernah terlewat dan selalu ada di setiap pernikahan pasangan muslim.

Seserahan ini merupakan lambang pernikahan dan rumah tangga yang bertumpu pada nilai-nilai agama.

2. Seperangkat Perhiasan

Seserahan berupa set perhiasan juga tak boleh luput dari daftar hantaran. Bahkan, seserahan ini menjadi salah satu yang paling umum ada.

Seserahan ini adalah simbol agar kehidupan rumah tangga selalu diberkahi rezeki yang melimpah. Untuk pihak perempuan, seserahan ini juga bermakna agar calon istri selalu bersinar dan berkilau hidupnya kelak setelah menikah. 

Kendati sudah seperti kewajiban, seserahan ini sifatnya tidak memaksa. Khususnya bagi yang kurang mampu.

3. Seperangkat Pakaian

Seperangkat pakaian juga wajib masuk dalam daftar seserahan pernikahan. Seserahan pakaian ini memiliki arti bahwa rumah tangganya kelak tak pernah kekurangan sandang atau bisa mencukupi kebutuhan sandang. 

Setelan yang ada dalam seserahan ini biasanya adalah pakaian kerja, pakaian tidur, hingga pakaian dalam. Untuk adat Jawa, biasanya sepaket bahan kebaya hingga kain jarik bermotif batik. 

Ada yang memaknai bahwa seserahan ini adalah simbol harapan agar rahasia rumah tangga kela dapat dijaga dengan baik oleh kedua pihak.

4. Perlengkapan Rias

Seserahan perlengkapan rias berupa seperangkat make up dan skin care juga tak boleh ketinggalan dari daftar. Seserahan yang disukai banyak wanita ini juga menyimbolkan doa baik.

Diharapkan agar perempuan dapat menjaga penampilan dan senantiasa tampil cantik di hadapan pasangannya.

5. Perlengkapan Perawatan Diri

Isian seserahan pernikahan berikutnya adalah perlengkapan perawatan diri. Ini secara spesifik merujuk pada perlengkapan dan peralatan mandi yang disesuaikan dengan kebutuhan calon pengantin putri sehari-hari. 

Maknanya sama, agar perempuan dapat menjaga penampilan dan senantiasa tampil cantik di hadapan suami kelak.

6. Perlengkapan Pesta

Seserahan pernikahan berupa perlengkapan pesta merujuk pada barang-barang yang biasa dipakai dalam pesta oleh para perempuan.

Antara lain adalah sepatu, tas, hingga gaun baik yang tradisional maupun modern.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda