8 Cara Mengobati Luka Bakar di Rumah, Salah Satunya dengan Madu

Wilda Fajriah ยท Senin, 29 Maret 2021 - 16:58:00 WIB
8 Cara Mengobati Luka Bakar di Rumah, Salah Satunya dengan Madu
Mengatasi luka bakar ringan bisa dengan berbagai cara. (Foto: the health site.com)

JAKARTA, iNews.id - Luka bakar adalah insiden tak terduga yang bisa terjadi. Penyebab luka bakar bisa pun bisa bermacam-macam, mulai dari sengatan matahari, minyak panas, air panas, atau karena api.

Keparahan bagian tubuh yang mengalami luka bakar pun memiliki tingkat, Tergantung penyebab dan bagaimana kejadiannya. Biasanya, luka bakar tingkat 1 merupakan insiden yang masih bisa diobati sendiri di rumah.

Untuk Anda yang mengalami luka bakar tingkat dua, tiga, atau empat, sebaiknya segera mencari pertolongan medis. Karena semakin tinggi tingkat keparahan, makin besar juga risiko yang akan terjadi.

Meski begitu, jika mengalami luka bakar tingkat satu atau yang paling ringan, Anda bisa melakukan pengobatan sendiri di rumah. Mengutip dari Healthline, berikut bahan-bahan rumahan yang bisa Anda gunakan untuk mengobati luka bakar, beserta tipsnya.

1. Air dingin

Hal pertama yang harus dilakukan saat mengalami luka bakar ringan yaitu mengalirkan air dingin ke area luka bakar selama sekitar 20 menit. Kemudian bersihkan area yang terbakar dengan sabun berbahan lembut dan air mengalir.

2. Kompres dingin

Anda juga bisa mencoba lakukan kompres dingin atau gunakan kain basah bersih yang diletakkan di atas area luka bakar. Cara ini dapat membantu meredakan nyeri dan bengkak. Anda dapat menerapkan kompres dalam interval 5 hingga 15 menit. Namun usahakan untuk tidak menggunakan kompres dingin yang berlebihan karena dapat lebih mengiritasi luka bakar.

3. Madu

Selain rasanya yang enak dan biasanya ditambahkan pada minuman kita, madu dapat membantu menyembuhkan luka bakar ringan dengan cara mengoleskannya. Madu memiliki zat anti-inflamasi dan antibakteri serta antijamur alami yang bisa mengatasi luka bakar.

4. Lidah buaya

Beberapa penelitian menunjukkan bukti bahwa lidah buaya efektif dalam penyembuhan luka bakar derajat satu hingga dua. Lidah buaya bersifat anti-inflamasi, meningkatkan sirkulasi, dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Oleskan selapis gel lidah buaya murni yang diambil dari daun tanaman lidah buaya langsung ke area yang terkena. Kalau Anda membeli lidah buaya di toko, pastikan kandungan lidah buaya di dalamnya tinggi. Hindari produk yang mengandung zat aditif, terutama pewarna dan pewangi.

5. Salep antibiotik

Salep dan krim antibiotik bisa membantu mencegah infeksi. Oleskan salep antibakteri seperti Bacitracin atau Neosporin pada luka bakar Anda dan tutupi dengan cling film atau kain yang steril dan tidak berbulu.

6. Mengurangi paparan sinar matahari

Nah jangan lupa, lakukan yang terbaik untuk menghindari luka bakar terkena sinar matahari langsung. Kulit yang terbakar akan sangat sensitif terhadap sinar matahari. Anda bisa menutupinya dengan pakaian.

7. Jangan pecahkan kulit yang melendung akibat luka bakar

Meskipun menggoda, biarkan kulit yang terkena lepuhan tetap seperti itu. Memecahkan lepuhan kulit sendiri dapat menyebabkan infeksi. Jika Anda khawatir dengan lepuh yang terbentuk karena luka bakar Anda, temui ahli medis.

8. Konsumsi pereda nyeri

Jika saat mengalami luka bakar Anda merasa nyeri, minumlah pereda nyeri yang dijual di toko obat. Seperti ibuprofen (Motrin, Advil) atau naproxen (Aleve). Pastikan membaca label untuk dosis yang benar.

Editor : Dyah Ayu Pamela