8 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Mencuci Muka

Sekar Paring Gusti ยท Jumat, 09 Desember 2022 - 09:20:00 WIB
8 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Mencuci Muka
Double Cleansing Kit barenbliss K.O! Kombucha Omega Deep Cleansing Balm dan 10 Elements! Amino Acid Rich Foam Cleanser merupakan produk perawatan wajah yang terbuat dari bahan alami. (Foto: dok barenbliss)

JAKARTA, iNews.id - Wajah merupakan bagian tubuh yang paling menjadi pusat perhatian mayoritas kaum wanita modern. Merawat wajah dianggap penting agar penampilan terlihat menarik dan percaya diri.

Salah satu proses perawatan wajah paling sederhana yang wajib dilakukan setiap hari adalah mencuci muka. Sayangnya, hingga saat ini masih banyak wanita yang mencuci muka secara tidak tepat sehingga memperbesar risiko kerusakan kulit wajah.

Beberapa kesalahan yang mulai sekarang wajib dihindari saat mencuci muka adalah sebagai berikut:

Memulai Cuci Muka dengan Tangan yang Kotor

Salah satu kesalahan besar adalah banyak orang tidak menyadari sedang mencuci muka dengan tangan yang kotor. Hal tersebut dapat membuat kotoran pada tangan berpindah ke wajah sehingga risiko kemunculan jerawat pun semakin besar.

Sebaiknya Anda membiasakan diri mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun antiseptik sebelum mencuci muka. Jangan biarkan muka jadi kusam, berjerawat, atau iritasi hanya karena tangan yang kotor.

Mencuci Muka Terlalu Sering

Kesalahan yang paling sering dilakukan tanpa disadari adalah mencuci muka terlalu sering. Kebiasaan ini kurang baik bagi kesehatan kulit wajah karena menyebabkan kulit jadi kering.

Lebih parahnya lagi, kulit sensitif akan rentan mengelupas bila kehilangan kelembaban alami akibat mencuci muka terlalu sering. Sebaiknya Anda membiasakan diri mencuci muka dua kali sehari, yaitu pada pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum tidur.

Membilas Wajah dengan Air yang Terlalu Panas

Penggunaan air panas sering dimanfaatkan untuk membilas wajah usai cuci muka karena dianggap lebih nyaman. Selain itu, banyak pula yang beranggapan bahwa bilasan berupa air panas membuat sisa-sisa sabun pembersih wajah terangkat sempurna.

Editor : Rizqa Leony Putri

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda