Apa Kabar Pasien Pertama Monkeypox di Indonesia? Kemenkes Beberkan Kondisinya

Kevi Laras Wana ยท Jumat, 16 September 2022 - 16:27:00 WIB
Apa Kabar Pasien Pertama Monkeypox di Indonesia? Kemenkes Beberkan Kondisinya
Monkeypox atau cacar monyet. (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Kesehatan RI membeberkan kondisi pasien pertama monkeypox atau cacar monyet di Tanah Air. Sebagaimana diketahui, pasien pertama cacar monyet asal Jakarta itu belum lama ini dinyatakan sembuh. 

Artinya, pasien pertama yang terkonfirmasi itu saat ini telah beraktivitas kembali. Hal itu turut disampaikan Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr Mohammad Syahril.

"(Pasien) yang dinyatakan positif pada 19 Agustus dan melakukan isolasi mandiri karena gejalanya ringan, alhamdulillah pada tanggal 4 September dinyatakan selesai," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr Mohammad Syahril dalam konferensi pers Update Covid-19, Hepatitis dan Monkeypox secara online di Kanal YouTube Kementerian Kesehatan, Jumat (16/9/2022)

Dia mengatakan, pasien pertama cacar monyet itu sudah dinyatakan sehat pada 4 September lalu. Pasien tersebut juga telah selesai melakukan isolasi mandiri (isoman).

"(Pasien) dinyatakan selesai isolasi dan sekarang sudah bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Artinya, pasien ini sudah dinyatakan sehat," ujar dia.

Kondisi Kontak Erat

Sementara itu, untuk kondisil kontak erat (KE) dari pasien pertama juga telah dinyatakan negatif dari cacar monyet. Sebagaimana diketahui, ada tiga orang yang dinyatakan kontak erat pasien cacar monyet.

Para kontak erat tersebut sudah dilakukan testing serta surveilans, dan  hasilnya negatif. "Kontak erat ada tiga orang sudah dilakukan juga testing dan surveilans. Semuanya sehat, tidak ada yang terkonfirmasi atau bergejala diduga ataupun suspect dari monkeypox," kata dr Syahril.

Editor : Siska Permata Sari

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda