ASI Tersumbat akibat Stres di Masa Pandemi, Dokter Sarankan Ini bagi Ibu Menyusui

Vien Dimyati ยท Senin, 02 Agustus 2021 - 23:41:00 WIB
ASI Tersumbat akibat Stres di Masa Pandemi, Dokter Sarankan Ini bagi Ibu Menyusui
Menjaga mental ibu menyusui (Foto: university hospitals)

JAKARTA, iNews.id - Bagi seorang ibu, proses menyusui sangat penting untuk tumbuh kembang bayi. Bahkan, menyusui menjadi momen penting bagi ibu. Asupan nutrisi, kesiapan fisik maupun mental menjadi unsur penting yang harus diperhatikan. 

Dokter spesialis anak di RSIA SamMarie Basra & RSUD Budhi Asih Zidnie Prissilla Primawati mengatakan, dalam proses menyusui, dibutuhkan kesiapan fisik dan mental dari sang ibu mulai dari usia awal kehamilan demi kelancaran proses produksi dan pemberian ASI. 

"Dari sisi fisik perlu diperhatikan kondisi payudara dan puting yang harus selalu dijaga kebersihan dan kelembapannya. Jika payudara membengkak namun tidak optimal dalam mengeluarkan ASI, aplikasikan teknik pijat laktasi untuk membuat rileks dan membantu mengeluarkan ASI yang tersumbat," kata dr Zidnie Prissilla Primawati, melalui keterangan tertulisnya belum lama ini.

Menurutnya, asupan nutrisi menjadi satu faktor penting yang harus menjadi prioritas sang ibu menjaga kesehatan dan kebugaran, karena menyusui adalah proses yang panjang dan dapat menguras tenaga.

“Faktor kesiapan mental juga tidak kalah pentingnya, terlebih di masa pandemi ini dapat menambah kekhawatiran hingga stres dan berisiko menghambat produksi ASI," ujarnya.

Dr Zidnie menyarankan bagi para ibu untuk berkomunikasi dengan pasangan. Selain itu, dapatkan dukungan dari keluarga, gali inspirasi dari sesama ibu menyusui, serta lengkapi informasi yang komprehensif seputar menyusui.

Dia menambahkan, meskipun saat ini tidak dapat memeroleh informasi dari fasilitas kesehatan secara leluasa, ibu tetap dapat mengakses beragam edukasi digital selama divalidasi oleh pakar terpercaya. 

"Semua faktor ini akan membantu kondisi psikologis ibu dan meningkatkan hormon oksitosin yang berperan dalam melancarkan aliran ASI," ujarnya.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2