Bagaimana Virus Corona Menginfeksi Kucing dan Anjing?

Siska Permata Sari ยท Senin, 06 April 2020 - 23:35 WIB
Bagaimana Virus Corona Menginfeksi Kucing dan Anjing?

Kucing bisa terinfeksi corona. (Foto: Ilustrasi AFP)

JAKARTA, iNews.id - Kasus positif virus corona baru (Covid-19) di Indonesia terus bertambah dalam beberapa pekan terakhir. Per Senin (6/4/2020) ini, ada pertambahan sebanyak 218 kasus terkonfirmasi positif virus corona, sehingga total menjadi 2.491 orang.

Di luar dari data statistik, virus corona kini tidak hanya menginfeksi manusia, tetapi juga hewan. Belum lama ini, ada laporan yang menyebut bahwa seekor harimau di Kebun Binatang Bronx (Bronx Zoo) positif terjangkit virus corona.

Sebelumnya, ada juga kabar yang melaporkan bahwa anjing dan kucing peliharaan tertular virus corona dari majikan atau pemilik yang sudah terinfeksi lebih dulu. Lalu, bagaimana virus corona menginfeksi hewan?

Sebuah studi oleh para peneliti di Harbin Veterinary Research Institute di China, yang diunggah ke bioRxiv pada 30 Maret dan belum ditinjau oleh rekan sejawat, meneliti kerentanan sejumlah spesies terhadap Covid-19, termasuk kucing dan anjing.

Hasil menunjukkan bahwa kucing dapat terinfeksi virus corona dan mungkin dapat menyebarkannya ke kucing lain melalui percikan atau droplet. Sementara dalam penelitian tersebut, anjing lebih ‘kebal’.

“Hewan peliharaan ini hidup dengan pemilik atau manusia yang terinfeksi dan waktu hasil positif menunjukkan perpindahan manusia ke hewan," kata Jacqui Norris, seorang ilmuwan hewan di University of Sydney di Australia, seperti dikutip dari CNet, Senin (6/4/2020).

Namun untuk sebaliknya, hingga saat ini belum ada bukti bahwa hewan peliharaan dapat menularkan virus corona tersebut ke manusia.

“Sama sekali tidak ada bukti apa pun bahwa hewan peliharaan memainkan peran dalam epidemiologi penyakit ini," kata Trevor Drew, Direktur Laboratorium Kesehatan Hewan Australia (AAHL).

Bila Anda memiliki hewan peliharaan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan Anda untuk melakukan upaya pencegahan, termasuk physical distancing dengan mereka.

Berikut upaya pencegahan yang dapat Anda lakukan:

- Cuci tangan Anda setelah memegang hewan, makanan, limbah, atau persediaan mereka.

- Lakukan kebersihan hewan peliharaan yang baik dan bersihkan hewan peliharaan dengan benar.

- Bicaralah dengan dokter hewan Anda jika Anda memiliki pertanyaan tentang kesehatan hewan peliharaan Anda.

- Jika Anda sakit (dicurigai atau dikonfirmasi virus korona), Anda harus membatasi kontak dengan hewan peliharaan dan hewan lain, sama seperti yang Anda lakukan pada orang lain.

- Hindari kontak dengan hewan peliharaan Anda termasuk, membelai, meringkuk, dicium atau dijilat, dan berbagi makanan.

- Jika Anda harus merawat hewan peliharaan Anda atau berada di dekat binatang saat Anda sakit, cuci tangan Anda sebelum dan setelah berinteraksi dengan mereka.

Editor : Tuty Ocktaviany