Beberapa Gejala Penyakit Jantung Ini Jarang Diketahui, Salah Satunya Mudah Capek

Muhammad Sukardi · Rabu, 29 September 2021 - 18:22:00 WIB
Beberapa Gejala Penyakit Jantung Ini Jarang Diketahui, Salah Satunya Mudah Capek
Ilustrasi gejala penyakit jantung. (Foto: CMINJ)

JAKARTA, iNews.id - Nyeri dada merupakan salah satu tanda seseorang mengalami penyakit jantung. Di samping itu, karena penyempitan pembuluh darah, gejala lain yang bisa muncul adalah terganggunya fungsi organ tubuh sebab suplai darah berkurang. 

Selain gejala-gejala yang sangat khas tersebut, menurut Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Primaya Hospital dr Bambang Budiono, Sp.JP, ada beberapa gejala yang tidak lazim pada pasien penyakit jantung. Dia menyorot dua gejala yang jarang diketahui orang, apa saja?

1. Mudah capek dan napas pendek 

Pasien dengan masalah diabetes, membuat manifestasi gejala penyakit jantungnya agak berbeda. Masalah yang kerap ditemukan adalah neuropati. Ini terjadi karena masalah gula yang dihadapi pasien.

"Penyakit gula itu merusak berbagai organ tubuh, termasuk saraf. Kalau saraf ini yang terganggu adalah saraf perasa, maka pasien terganggu sensoris-nya atau adanya gangguan pada pengenal rasa," ujar dr Bambang di acara webinar Hari Jantung Sedunia 2021, Rabu (29/9/2021). 

Menurut dr Bambang, dengan kondisi itu seringkali pasien diabetes ketahuan memiliki masalah jantung terlambat. Hal ini karena mereka tidak merasakan gejala apapun, padahal di tubuhnya sudah terjadi penyempitan pembuluh darah yang ditandai dengan nyeri dada. 

"Kondisi ini dalam terminologi medis disebut dengan silent iskemia, jadi kondisi iskemik atau kekurangan suplai darah ke jaringan atau organ tubuh karena permasalah pada pembuluh darah, tetapi enggak muncul sebagai nyeri dada. Pada pasien diabetes, masalah ini muncul dalam bentuk cepat capek, napas pendek, dan ini terjadinya progresif," ujar dr Bambang. 

Editor : Dyah Ayu Pamela

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda