Benarkah Buah Zuriat Bikin Cepat Hamil? Ini Jawaban Dokter

Siska Permata Sari ยท Rabu, 10 Juni 2020 - 10:24 WIB
Benarkah Buah Zuriat Bikin Cepat Hamil? Ini Jawaban Dokter

Ibu hamil (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Mempunyai buah hati menjadi dambaan bagi sebagian besar pengantin yang baru menikah. Tak jarang, berbagai upaya dilakukan demi cepat hamil dan mendapatkan momongan segera setelah menikah. Ada yang melalui cara alami, atau menggunakan teknologi tertentu.

Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah zuriat, yang disebut mampu meningkatkan kesuburan. Artis Zaskia Gotik, belum lama ini mengumumkan buah zuriat adalah rahasianya cepat hamil setelah menikah. Lalu, benarkah demikian?

“Buah zuriat atau buah apapun yang tinggi antioksidan cukup baik untuk program kehamilan,” tutur spesialis kebidanan dan kandungan dr Arie A Polim, DMAS, SpOG (K) di Online Press Conference 22 Tahun Morula Indonesia, Senin (8/6).

Dia menjelaskan, buah yang tinggi antioksidan seperti zuriat dan buah-buah lainnya bagus untuk dikonsumsi selama program kehamilan. “Terutama buah yang berwarna merah karena kadar antioksidannya lebih tinggi,” ujar dr Arie yang berpraktik di Morula IVF Jakarta tersebut.

Seperti diketahui, buah zuriat mengandung antioksidan tinggi. Selain itu, buah tersebut juga mengandung serat, karbohidrat kompleks, vitamin B, mineral, termasuk kalsium, kalium, magnesium, dan fosfor, serta asam lemak esensial linoleat.

Walaupun belum ada penelitian spesifik terkait buah ini dan kesuburan, tetapi zuriat memiliki manfaat lain seperti menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, mencegah diabetes sekaligus komplikasinya, mencegah hipertensi, anemia, dan stres oksidatif yang dapat mengganggu kesuburan bagi pria dan wanita.

Selain mengonsumsi buah, beberapa hal lain tak kalah penting juga harus dilakukan bagi pasangan yang tengah merencakan kehamilan.

“Tentunya setiap pasangan yang merencanakan kehamilan harus makan makanan yang sehat, kemudian olahraga teratur, jauhi alkohol dan rokok, serta istirahat cukup,” jelasnya.

Editor : Dini Listiyani