Berdebar di Dada, Tanda Jatuh Cinta atau Sakit Jantung?

Kevi Laras Wana ยท Sabtu, 12 November 2022 - 10:35:00 WIB
Berdebar di Dada, Tanda Jatuh Cinta atau Sakit Jantung?
Webinar MNC Life dan Rumah Sakit Hermina Kemayoran. (Foto: MNC Life)

JAKARTA, iNews.id - MNC Life bekerja sama dengan Rumah Sakit Hermina Kemayoran mengadakan webinar terkait kesehatan jantung. Webinar tersebut bertajuk “Berdebar di dada? Tanda Jatuh Cinta atau Sakit Jantung?” yang digelar pada Jumat (11/11/2022).

Acara Webinar ini dihadiri oleh dr Puti Sarah Saus, SpJP(K), FIHA, FAsCC, FAPSIC selaku dokter spesialis jantung sebagai Speaker, Nonni Fermanni selaku Head of Digital PT MNC Life Assurance sebagai Speaker dan Septika Helena selaku Head of Marketing Communication PT MNC Life Assurance sebagai Host.

"Berdebar-debar saat lihat uang simpanan? Atau jangan-jangan kamu belum punya dana simpanan? dan Hal-hal yang akan dilakukan 5-10 tahun kedepan. Bagaimana cara kita bisa mengatur diri sesuai sesuai standar hidup," kata Nonni membuka perbincangan dalam webinar. 

Disampaikan juga dalam webinar tersebut, Nonni menjelaskan tentang langkah-langkah apa saja untuk memersiapkan diri mengatur keuangan sesuai standar. “Pertama yang harus dilakukan adalah siapkan tabungan dan dana darurat, wajib memiliki proteksi, pilih asset yang low risk dan liquid, dan cari tambahan penghasilan," kata Nonni. 

Setelah pembahasan mengenai proteksi, webinar dilanjutkan dengan sesi dari dr Puti yang menjelaskan topik penyakit jantung yang di awali dengan penjelasan tentang Berdebar. Berdebar (Palpitation), adalah rasa tidak nyaman didada akibat detak jantung yang cepat bisa regular ataupun tidak regular.

Berdebar itu sendiri adalah keadaan kompensasi fisiologis tubuh kita terhadap sesuatu detak jantung yang alami dan biasa terjadi dikehidupan kita sehari-hari. Pemicu lainnya yang membuat jantung sangat berdebar antara lain adalah rasa gugup atau mengkonsumsi kopi maupun teh yang mengandung kafein, di mana kafein sendiri dapat meningkatkan dopamin shg membuat dada berdebar-debar. Obat-obatan yang mengandung ephedrine dan aminofillin. 

Sedangkan keadaan patologis adalah keadaan di mana jantung berdebar disebabkan oleh penyakit. Hal ini terbagi menjadi non cardiac dan cardiac. Untuk non cardiac sendiri adalah penyakit yg sumbernya bukan dari jantung, seperti contoh anemia. Kalau kurang darah otomatis jantung memompa lebih kuat untuk memenuhi kebutuhan tubuh, sebab itu jantung berdebar.

Editor : Siska Permata Sari

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda