Bunda, 3 Game Ini Bisa Melatih Kreativitas dan Kecerdasan Anak

Novie Fauziah ยท Rabu, 31 Maret 2021 - 06:06:00 WIB
Bunda, 3 Game Ini Bisa Melatih Kreativitas dan Kecerdasan Anak
Anak-anak bisa bermain puzzle untuk melatih kreativitas. (Foto: premium joy)

JAKARTA, iNews.id - Anak-anak bermain bukan hanya mencari kesenangan semata, namun bisa sekaligus belajar, serta melatih motorik mereka. Para orangtua juga harus memerhatikan alat dan cara bermain buah hati. 

Dikutip dari Times of India Selasa (30/3/2021), ada jenis permainan yang bisa membuat anak terhibur, sekaligus melatih cara berpikir, serta kreativitasnya. Berikut tiga di antaranya: 

1. Balok 

Siapa sangka hanya 20 menit permainan tanpa bantuan dengan balok, anak dapat melatih keterampilan matematika dan pemikiran logisnya. 

Anda dapat memilih dari berbagai macam balok termasuk yang lunak, balok kayu, lego dan ubin magnet yang tersedia di pasaran. 

Balok merupakan mainan terbaik untuk meningkatkan kesadaran spasial, keterampilan matematika, dan penalaran logis. 

2. Puzzle 

Bermain puzzle membutuh konsentrasi, serta kesabaran yang tinggi. Nah, bermain teka-teki dengan puzzle sangat cocok untuk kecerdasan anak. 

Jenis teka-teki ini sangat bagus untuk perkembangan kognitif. Permainan ini membantu otak tetap berenergi dan berolahraga. 

3. Permainan Berantakkan 

Berantakan adalah tempat anak Anda bermain-main seperti misalnya dengan pasir kinetik, lendir, atau bermain adonan. Hal ini dapat membantu perkembangan sensorik anak.  

Selain itu, permainan ini dapat merangsang keterampilan motorik halus dan kekuatan otot jari, yang kemudian berkontribusi pada keterampilan menulis anak-anak.

Editor : Dyah Ayu Pamela