Capai Target Herd Immunity, Vaksinasi pada Anak Digencarkan

Vien Dimyati · Rabu, 21 Juli 2021 - 22:30:00 WIB
Capai Target Herd Immunity, Vaksinasi pada Anak Digencarkan
Target vaksinasi untuk mencapai herd immunity (Foto: health affairs)

JAKARTA, iNews.id - Program vaksinasi di kalangan pelajar terus digencarkan oleh pemerintah. Tidak hanya di kalangan sekolah tinggi, para pelajar SMP hingga SMA pun menjadi target vaksinasi. Tujuannya agar tercipta Herd Immunity.

Untuk mencapai herd immunity Corona, sebagian besar populasi perlu divaksinasi sehingga menurunkan jumlah keseluruhan virus Corona yang dapat menyebar di seluruh populasi. 

Salah satu tujuan bekerja menuju kekebalan kelompok adalah untuk menjaga kelompok rentan yang tidak dapat divaksinasi (misalnya karena kondisi kesehatan seperti reaksi alergi terhadap vaksin) aman dan terlindungi dari penyakit.
Orang yang divaksinasi dilindungi dari penyakit sehingga bisa memutus rantai penularan.

Dalam rangka mendukung program vaksinasi Covid-19, BIN kembali menyiapkan sebanyak 3.000 vaksin dan 3.000 bansos untuk pelajar SMP-SMA dan warga di wilayah Semarang.

Program ini dilakukan agar terciptanya kekebalan komunitas atau herd immunity tercapai pada akhir 2021, yaitu 70% populasi sudah dilakukan vaksinasi. Dengan sistem door to door diharapkan dapat membantu tercapainya target tersebut.

"Presiden telah memerintahkan BIN untuk menyelenggarakan vaksinasi bagi pelajar SMP-SMA setelah sebelumnya para guru-guru telah divaksin,” ujar Kepala Badan Intelijen Negara, Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan saat melakukan peninjauan langsung pelaksanaan vaksinasi secara door to door, di Semarang, pada Rabu (21/7/2021).

Kedua, katanya, vaksinasi door to door dilakukan di rumah tangga, karena klaster rumah tangga meningkat tajam, apalagi zona hitam, seperti Jawa Tengah (Jateng). Pertimbangannya adalah perumahan padat penduduk dan masih minim terjangkau program vaksinasi karena keterbatasan akses mereka dan pemberlakuan PPKM Darurat, sehingga mereka takut keluar rumah untuk mengatasi atau mendatangi kerumunan.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda