3 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kulit, Salah Satunya Pakai Bawang Merah

Siska Permata Sari ยท Minggu, 22 November 2020 - 00:24 WIB
3 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kulit, Salah Satunya Pakai Bawang Merah

Luka pada kulit kadang menimbulkan bekas yang mengganggu. (Foto: Medicalnewstoday)

JAKARTA, iNews.id - Luka pada kulit kadang menimbulkan bekas yang mengganggu. Terutama jika bekas luka itu berada di daerah tubuh yang terekspos, sehingga tidak jarang menyebabkan kurang percaya diri.

Pasalnya, bekas luka adalah salah satu masalah kosmetik kulit yang paling sulit diobati. Namun, ada salah satu cara penting untuk menghilangkan bekas luka, yaitu mengetahui jenisnya.

Beberapa jenis bekas luka di antaranya keloid, hipertrofik, atrofi, kontraktur, dan bekas luka yang meluas. Mengetahui jenis bekas luka sangat membantu saat memutuskan cara mengobatinya.

Berikut cara-cara rumahan yang bisa Anda coba untuk memudarkan bekas luka, seperti dilansir dari Medical News Today, Minggu (22/11/2020).

1. Lembaran atau gel silikon

Lembaran silikon telah diyakini ampuh memudarkan bekas luka. Sejumlah penelitian selama 20 tahun terakhir telah memastikan bahwa penggunaan lembaran silikon atau gel dapat secara bertahap memperbaiki tampilan bekas luka. Sebuah tinjauan menyatakan bahwa lembaran silikon memperbaiki tampilan bekas luka hipertrofik.

Studi lain menemukan bahwa gel silikon sama efektifnya dengan lembaran silikon dalam menghilangkan bekas luka hipertrofik dan keloid. Gel silikon topikal dapat memberikan perbaikan pada bekas luka keloid dan hipertrofik.

2. Pakai ekstrak bawang merah

Salah satu solusi alami yang paling terkenal untuk perawatan bekas luka adalah ekstrak bawang. Ekstrak ini banyak tersedia pada produk perawatan bekas luka yang tersedia di toko obat. Beberapa penelitian menemukan bahwa ekstrak bawang merah yang dipatenkan memperbaiki dan menghaluskan bekas luka setelah empat minggu.

Terlepas dari penelitian tersebut, bukti tentang ekstrak bawang merah dan bekas luka masih beragam. Satu penelitian menemukan, bahwa ekstrak bawang merah tidak lebih baik dari salep khusus untuk mengobati bekas luka.

Editor : Tuty Ocktaviany

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua