4 Cara Menghilangkan Koreng, Aman Bisa Dilakukan di Rumah

kevi laras · Jumat, 30 September 2022 - 10:30:00 WIB
4 Cara Menghilangkan Koreng, Aman Bisa Dilakukan di Rumah
Ilustrasi Cara Menghilangkan Koreng (foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Memiliki luka yang lama sembuh atau biasa dikenal koreng pastinya sangat menganggu penampilan. Koreng dalam istilah medis disebut jaringan pelindung yang biasanya terbentuk saat luka sudah mulai mengering dan akan sembuh. Lantas adakah cara menghilangkan koreng yang cepat dan aman? 

Sebenarnya koreng bukanlah masalah kulit yang berbagaya. Hanya keberadaan koreng membuat tak nyaman. Bukan hanya bagi perempuan, para pria masa kini juga kerap malu saat bagian tubuhnya terdapat koreng. Selain bisa membuat rasa percaya diri berkurang, koreng di kulit juga bisa membuat orang lain risih.

Namun kini tidak perlu khawatir, ada beberapa cara menghilangkan koreng agar kulit kembali bersih dan mulus. Berikut empat cara menghilangkan koreng dilansir dari berbagai sumber, Jumat (30/9/2022): 

1. Jaga kebersihan atau lindungi koreng

Menjaga kebersihan luka atau koreng cukup penting. Hal itu bertujuan untuk melindungi koreng dari debu dan kuman, yang bisa memperburuk luka dan menghambat proses penyembuhan. Disarankan untuk rajin mengganti perban minimal sehari sekali, atau jika perban sudah basah atau kotor.

2. Jaga kelembaban kulit

Cara menghilangkan koreng menurut American Academy of Dermatology disarankan memakai petroleum jelly untuk melembapkan area luka, dan mencegah bekas luka yang lebih besar. Anda juga bisa menggunakan pelembap seperti lotion, atau salep.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda